PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP JASA TALENT ENDORSEDALAM PROMOSI PRODUK SECARA ONLINE

SRI HERNOWO (2024) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP JASA TALENT ENDORSEDALAM PROMOSI PRODUK SECARA ONLINE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (663kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (392kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam konteks ekonomi Indonesia saat ini, banyak pelaku usaha memanfaatkan jasa talent endorse untuk mempromosikan produk mereka karena kemampuannya menarik minat konsumen. Penelitian ini menyoroti dua permasalahan utama: 1) Tanggung jawab antara pelaku usaha/pemilik produk dan jasa talent endorse; 2) Upaya perlindungan hukum bagi talent endorse jika produk yang diiklankan mengalami masalah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis empiris,dilakukan di Kota Yogyakarta, melalui sumber data primer, sekunder, dan tersier. Teknik pengumpulan data mencakup observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemilik produk dan jasa talent endorse memiliki kedudukan yang setara yaitu memiliki tanggung jawab dengan memberikan informasi yang benar, jelas, dan jujur kepada konsumen mengenai barang atau jasa yang mereka tawarkan. 2). Upaya perlindungan hukum bagi talent endorse juga tercantum Pasal 1 angka 6 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Jika talent endorse yang bertindak dengan itikad baik merasakan dampak buruk terhadap reputasinya akibat produk bermasalah, maka dia berhak untuk mengajukan gugatan terhadap pelaku usaha yang menggunakan namanya untuk promosi.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Legal Relation, Legal Protection, Talent Endorse
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 28 May 2024 06:33
Last Modified: 28 May 2024 06:33
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45231

Actions (login required)

View Item
View Item