KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT IMAM AL-GHAZALI DALAM KITAB IHYA ULUM AD-DIN

Bilad Tajdidul Islahi (2021) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT IMAM AL-GHAZALI DALAM KITAB IHYA ULUM AD-DIN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (632kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (471kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan konsep pendidikan dalam pandangan Imam al-Ghaza>li, mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat pada kitab Ihya>’ Ulu>m ad-Di>n, serta untuk mengetahui relevansi pendidikan akhlak dalam konteks pendidikan di Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif yang merujuk kepada karya-karya tulis berupa kitab, jurnal, dan karya tulis lainnya. Metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini dengan, deskriptif, analisis konten (content analysis). Adapun dalam penelitian kualitatif ini penulis menganalisa setelah seluruh sumber data terkumpul baik primer berupa kitab Ihya>’ Ulu>m ad-Di>n dan sekunder karya Imam al-Ghaza>li> seperti, Al-Munqidz Minadldlalaal, Ma’a>rij alQuds fi Mada>rij Ma’rifa al-Nafs, Ayyuhal Walad, Al-Taubah ila> Allah wa alMukaffira>t al-Z}unu>b. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa konsep pendidikan akhlak dalam pandangan Imam al-Ghaza>li> pada kitab Ihya>’ Ulu>m ad-Di>n, berupa konsep taqarrub ila Allah (mendekatkan diri pada Allah) melalui metode pengosongan jiwa (tahalli), pengisian jiwa (takhalli), penyatuan jiwa (tajalli), dengan proses pembiasaan (riyadhah) dan bersungguh-sungguh (mujahadah). Sedangkan nilainilai yang terdapat pada kitab Ihya>’ Ulu>m ad-Di>n dengan mengikuti kategorisasi yang dilakukan Imam al-Ghaza>li> dalam kitabnya ini dapat dibagi menjadi, akhlak pelajar (muta’allim), pengajar (mu’allim), ikhlas, persaudaraan Islam (ukhuwah al-Islamiyahi), menjaga lisan, zuhud, sabar, muraqabah, muhasabah. Adapun relevansi konsep pendidikan akhlak Imam al-Ghaza>li> dalam konteks pendidikan di Indonesia adalah berpegang pada prinsip tauhid, keagamaan, pengembangan potensi manusia sebagai khalifah Allah, pengembangan hubungan di masyarakat.
Key-Word: Konsep, Nilai-Nilai, Pendidikan Akhlak

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 17 Dec 2021 02:57
Last Modified: 17 Dec 2021 02:57
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4528

Actions (login required)

View Item
View Item