Bilad Tajdidul Islahi (2021) KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT IMAM AL-GHAZALI DALAM KITAB IHYA ULUM AD-DIN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (632kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (598kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (385kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (471kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (386kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (420kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (842kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan konsep pendidikan dalam pandangan Imam al-Ghaza>li, mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat pada kitab Ihya>’ Ulu>m ad-Di>n, serta untuk mengetahui relevansi pendidikan akhlak dalam konteks pendidikan di Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif yang merujuk kepada karya-karya tulis berupa kitab, jurnal, dan karya tulis lainnya. Metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini dengan, deskriptif, analisis konten (content analysis). Adapun dalam penelitian kualitatif ini penulis menganalisa setelah seluruh sumber data terkumpul baik primer berupa kitab Ihya>’ Ulu>m ad-Di>n dan sekunder karya Imam al-Ghaza>li> seperti, Al-Munqidz Minadldlalaal, Ma’a>rij alQuds fi Mada>rij Ma’rifa al-Nafs, Ayyuhal Walad, Al-Taubah ila> Allah wa alMukaffira>t al-Z}unu>b. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa konsep pendidikan akhlak dalam pandangan Imam al-Ghaza>li> pada kitab Ihya>’ Ulu>m ad-Di>n, berupa konsep taqarrub ila Allah (mendekatkan diri pada Allah) melalui metode pengosongan jiwa (tahalli), pengisian jiwa (takhalli), penyatuan jiwa (tajalli), dengan proses pembiasaan (riyadhah) dan bersungguh-sungguh (mujahadah). Sedangkan nilainilai yang terdapat pada kitab Ihya>’ Ulu>m ad-Di>n dengan mengikuti kategorisasi yang dilakukan Imam al-Ghaza>li> dalam kitabnya ini dapat dibagi menjadi, akhlak pelajar (muta’allim), pengajar (mu’allim), ikhlas, persaudaraan Islam (ukhuwah al-Islamiyahi), menjaga lisan, zuhud, sabar, muraqabah, muhasabah. Adapun relevansi konsep pendidikan akhlak Imam al-Ghaza>li> dalam konteks pendidikan di Indonesia adalah berpegang pada prinsip tauhid, keagamaan, pengembangan potensi manusia sebagai khalifah Allah, pengembangan hubungan di masyarakat.
Key-Word: Konsep, Nilai-Nilai, Pendidikan Akhlak
Dosen Pembimbing: | Marsudi, Drs., M.Ag. | NIDN0507016701 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 02:57 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 02:57 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4528 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |