PENYELESAIAN WANPRESTASI: STUDI KASUS JUAL BELI ONLINE PADA AKUN @JORDANCORNER DI KABUPATEN SLEMAN

KUSUMA AGHNI TAUFIQOH (2024) PENYELESAIAN WANPRESTASI: STUDI KASUS JUAL BELI ONLINE PADA AKUN @JORDANCORNER DI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (635kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (112kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (909kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya praktik jual beli online pada akun @jordancorner di Kabupaten Sleman. Dalam praktiknya kegiatan jual beli secara online yang dilakukan oleh penjual dan pembeli mengalami wanprestasi dalam hal ponsel yang diterima oleh pembeli tidak sesuai dengan yang dipesan melalui platform jual beli online pada akun @jordancorner. Adapun rumusan masalah yang dikaji adalah bagaimana penyelesaian wanprestasi dalam hal ponsel yang diterima oleh pembeli tidak sesuai dengan yang dipesan melalui platform jual beli online pada akun @jordancorner. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif- empiris dengan menggunakan sumber data sekunder dan primer kemudian dianalisis menggunakan teknik kualitatif yang sifatnya deskriptif dan disajikan secara normatif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pihak penjual tidak cermat dalam mencantumkan deskripsi informasi yang benar, jelas, dan lengkap terkait barang yang ditawarkannya melalui platform jual beli online sehingga mengakibatkan terjadinya wanprestasi. Cara penyelesaian wanprestasi jual beli online pada akun @jordancorner dilakukan melalui jalur non litigasi yaitu secara damai dan kekeluargaan yang dibalut dengan musyawarah serta mengutamakan komunikasi yang terjalin antara pihak penjual dan pihak pembeli.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Online Buying and Selling, Default, Legal Protections
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum S1
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 11 Jun 2024 02:22
Last Modified: 11 Jun 2024 02:22
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45352

Actions (login required)

View Item
View Item