REPRESENTATION OF FEMALE MASCULINITY IN INDONESIAN ACTION COMEDY FILMS (SEMIOTICS ANALYSIS OF THE BIG 4)

NUR AFNI AMALIA YUSUP (2024) REPRESENTATION OF FEMALE MASCULINITY IN INDONESIAN ACTION COMEDY FILMS (SEMIOTICS ANALYSIS OF THE BIG 4). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bukti Sumbangan Buku Wisudawan] Text (Bukti Sumbangan Buku Wisudawan)
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[thumbnail of Letter of Accepted] Text (Letter of Accepted)
Letter of Accepted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[thumbnail of Artikel Jurnal] Text (Artikel Jurnal)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada representasi maskulinitas pada setiap karakter perempuan dalam The Big 4. Dalam tayangan televisi Indonesia, perempuan seringkali ditampilkan dengan representasi yang kurang baik, seringkali digambarkan sebagai kelompok yang lemah dibandingkan dengan laki-laki. Penonjolan maskulinitas melalui karakter perempuan menjadi sangat penting, karena hal tersebut dapat membentuk persepsi masyarakat dan memberikan bukti bahwa ada perlawanan terhadap stereotip yang biasa dilekatkan pada perempuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami bagaimana representasi maskulinitas perempuan dijelaskan dalam film The Big 4. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan menganalisisnya dengan menggunakan analisis semiotika, khususnya model semiotika Charles Sanders Pierce melalui representamen, objek, dan interpretant. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setiap karakter perempuan dalam film The Big 4 memiliki karakteristik maskulin yaitu keberanian, kepahlawanan, kekuasaan, dan kepemimpinan. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa ideologi yang digunakan dalam film ini adalah ideologi maskulinitas. Temuan ini memperkuat konsep bahwa maskulinitas dan femininitas adalah kategori gender yang dapat dipertukarkan, dan dengan demikian, performa maskulinitas juga dapat diperankan oleh perempuan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Action Movies, Masculinity, Representation, Semiotics
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 10 Jun 2024 05:08
Last Modified: 10 Jun 2024 05:08
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45400

Actions (login required)

View Item
View Item