MARVINDA HERVINANTRI (2024) PERSEPSI PENGUNJUNG TERHADAP LAYANAN DESA EKOWISATA PANCOH DI KAWASAN RAWAN BENCANA GUNUNG MERAPI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (542kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (99kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (36kB)
Bab I.pdf
Download (51kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (255kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (371kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (66kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (174kB)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (40kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (183kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (158kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (498kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Di balik popularitasnya sebagai tujuan wisata, Yogyakarta juga merupakan daerah yang memiliki risiko bencana. Banyak tempat wisata yang terletak di daerah yang berpotensi mengalami bencana. Salah satu contohnya Desa Ekowisata Pancoh yang terketak di Kawasan Rawan Bencana Gunung Merapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pengunjung terhadap fasilitas, layanan, serta hubungan persepsi pengunjung terhadap fasilitas dan layanan desa ekowisata pancoh di Kawasan Rawan Bencana Gunung Merapi Kabupaten Sleman. Lokasi penelitian di Desa Ekowisata Pancoh Jalan Turgo Raya, Pancoh, Girikerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan menggunakan metode accidental sampling dengan menetapkan jumlah responden 100 pengunjung desa ekowisata pancoh. Data diperoleh melalui kuesioner. Kemudian data di analisis menggunakan analisis deskriptif dengan skala likert dan Uji Koefisien Korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Persepsi Pengunjung terhadap fasilitas dilihat dari beberapa aspek masuk dalam kategori memadai. Dan Persepsi Pengunjung terhadap layanan dilihat dari beberapa aspek masuk dalam kategori bagus. Sedangkan hasil analisis korelasi rank spearman mengenai hubungan persepsi pengunjung terhadap fasilitas dan layanan diperoleh hasil signifikan bahwa pengunjung memiliki persepsi jika ada peningkatan fasilitas maka layanan yang ada di Desa Ekowisata Pancoh juga meningkat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perception, Ecotourism Village, Disaster Prone Area |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 04:02 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 04:02 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45415 |