FARIDA MUHAIMI SUKMA (2024) IMPLEMENTASI BIMBINGAN KONSELING ISLAM DALAMPENANGANAN KASUS-KASUS KENAKALAN SISWA (STUDI KASUS DI MAN 3 SLEMAN). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (504kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (176kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10kB)
Bab I.pdf
Download (154kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (220kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (18kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (241kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (11kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (146kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (690kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (231kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kasus-kasus kenakalan siswa, implementasi bimbingan konseling islam dalam penanganan kasus-kasus kenakalan siswa, serta faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan bimbingan konseling islam di MAN 3 Sleman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjeknya adalah guru bimbingan konseling, kepala sekolah, wakil kepala kesiswaan, dan siswa yang bermasalah. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran kasus-kasus kenakalan siswa di MAN 3 Sleman adalah kasus-kasus ringan. Adapun implementasi bimbingan konseling islam dalam penanganan kasus-kasus kenakalan siswa di MAN 3 Sleman yaitu: pertama, tindakan preventif (pencegahan) seperti pembiasaan kegiatan keagamaan di sekolah, kedua tindakan kuratif (penyembuhan) seperti memberi teguran dan nasihat kepada siswa yang bermasalah dengan menggunakan layanan konseling individu, mengembangkan sikap disiplin siswa dengan memberikan hukuman, dan memberi perhatian khusus kepada siswa yang bermasalah. Adapun faktor pendukung dalam pelaksanaan bimbingan konseling islam adalah tersedianya sarana dan prasarana yang memadai serta tersedianya aplikasi instrumentasi bimbingan konseling untuk mengumpulkan data dan keterangan siswa secara individual maupun kelompok. Sedangkan faktor penghambatnya ialah kurangnya jumlah guru bimbingan konseling.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Islamic Guidance and Counselling, Delinquency, Students |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 10 Jun 2024 02:39 |
Last Modified: | 10 Jun 2024 02:39 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45440 |