TEACHERS' STRATEGIES AND CHALLENGES IN ENHANCING STUDENTS' BILINGUALISM THROUGH MONTESSORI APPROACH AT A PRIVATE BILINGUAL PRE-SCHOOL IN YOGYAKARTA

LINTANG AYU (2024) TEACHERS' STRATEGIES AND CHALLENGES IN ENHANCING STUDENTS' BILINGUALISM THROUGH MONTESSORI APPROACH AT A PRIVATE BILINGUAL PRE-SCHOOL IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (415kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (90kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran bilingual melalui Montessori pada pendidikan anak usia dini dalam beberapa tahun terakhir sedang menjadi perhatian, hal ini erat kaitannya dengan peran penting guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi dan tantangan guru dalam meningkatkan kemampuan bilingual siswa melalui metode Montessori di taman kanak-kanak swasta di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan desain penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tabel observasi di tiga kelas yang berbeda serta wawancara dengan empat orang guru sebagai partisipan. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa terdapat lima strategi yang digunakan oleh guru dalam meningkatkan kemampuan bilingual siswa melalui Montessori yaitu (1) memberikan instruksi tidak langsung kepada siswa, (2) menyiapkan bahan sensori, (3) memprioritaskan pengajaran menulis daripada membaca, (4) mengulang kalimat bilingual, (5) serta menggunakan keterlibatan musikal. Selain itu, dari hasil penelitian disimpulkan bahwa tantangan yang dihadapi guru dalam meningkatkan kemampuan bilingual siswa melalui Montessori antara lain, (1) menyiapkan lingkungan, (2) menilai kinerja siswa, dan (3) mengatasi latar belakang siswa yang beragam. Penelitian ini memberikan gambaran tentang peran guru yang sangat penting dalam mengarahkan kemampuan bilingual dan pendidikan Montessori pada pembelajaran pada anak usia dini, tantangan yang dihadapi guru, dan strategi efektif dalam memfasilitasi perkembangan linguistik pada siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: bilingualism, Montessori, teacher strategies, teacher challenges, early childhood education
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 08 Jun 2024 06:36
Last Modified: 08 Jun 2024 06:36
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45450

Actions (login required)

View Item
View Item