Muhamad Irvan Rivai (2021) Peran lingkungan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SD N 2 Clapar Banjarnegara. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (216kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (288kB)
Bab I.pdf
Download (539kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (941kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (956kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (634kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (760kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
<div>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa di SD N 2 Clapar Banjarnegara dan untuk mengetahui bagaimana peran lingkungan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SD N 2 Clapar Banjarnegara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara terstruktur yang mendalam, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis dalam penelitian ini adalah menggunakan reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada 2 faktor yang mempengaruhi motivasi belajar siswa yang terdiri dari faktor internal dan ekternal. Faktor internal meliputi faktor psikologis, sedangkan faktor ekternal yaitu faktor sosial meliputi temen sebaya, orang tua dan lingkungan rumah. Lingkungan yang berperan dalam motivasi belajar siswa terdiri dari lingkungan keluarga, masyarakat dan sekolah. Lingkungan keluarga meliputi perhatian dan komunikasi orang tua kepada anak serta pola asuh demokratis yang diterapkan orang tua. Lingkungan masyarakat meliputi teman sebaya dan orang dewasa yang memberikan contoh kurang baik serta penggunaan handphone dan televise yang menganggu proses belajar. Faktor lingkungan sekolah meliputi motivasi dari guru dan sarana prasarana yang mendukung proses pembelajaran.</div>
<div>Kata kunci : peran lingkungan, motivas belajar.</div>
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 05 Nov 2021 03:06 |
Last Modified: | 05 Nov 2021 03:06 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4546 |