EFL STUDENTS' EXPERIENCE IN READING THROUGH WATTPAD APPLICATION AT A PRIVATE UNIVERSITY IN YOGYAKARTA

EVINA NILA ANDRIANI (2024) EFL STUDENTS' EXPERIENCE IN READING THROUGH WATTPAD APPLICATION AT A PRIVATE UNIVERSITY IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (122kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (653kB)

Abstract

Peran media dalam proses pendidikan tidak bisa dianggap remeh. Teknologi memiliki peran penting dalam pendidikan, dan Wattpad adalah salah satu alat digital yang dapat digunakan siswa untuk melengkapi proses pembelajaran pemahaman membaca mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki alasan mengapa siswa EFL menggunakan Wattpad sebagai media pembelajaran, dan keuntungan membaca novel berbahasa Inggris di Wattpad untuk pemahaman membaca siswa EFL. Peneliti menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dari enam mahasiswa di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta melalui wawancara individu. Selanjutnya peneliti memperoleh analisis data melalui tiga cara: transkripsi, pengecekan anggota, dan pengkodean untuk memastikan validitas data. Temuan menunjukkan bahwa alasan siswa EFL menggunakan Wattpad sebagai media pembelajaran adalah: 1) Wattpad bersifat fleksibel, 2) Wattpad tidak dipungut biaya, 3) Cerita-cerita di Wattpad menyenangkan untuk dibaca, dan 4) Wattpad mudah dinavigasi. Selain itu, temuan ini menunjukkan tiga keuntungan membaca bahasa Inggris di Wattpad untuk pemahaman membaca siswa EFL, yaitu 1) Meningkatkan kosakata siswa EFL, 2) Meningkatkan minat membaca siswa EFL, dan 3) Memperkaya referensi teks bahasa Inggris siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: teaching media, digital technology, Wattpad application, learning English
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 08 Jun 2024 05:49
Last Modified: 08 Jun 2024 05:49
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45462

Actions (login required)

View Item
View Item