EVINA NILA ANDRIANI (2024) EFL STUDENTS' EXPERIENCE IN READING THROUGH WATTPAD APPLICATION AT A PRIVATE UNIVERSITY IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (257kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (152kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (261kB)
Bab I.pdf
Download (122kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (196kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (128kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (199kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (93kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (122kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (191kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (266kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (653kB)
Abstract
Peran media dalam proses pendidikan tidak bisa dianggap remeh. Teknologi memiliki peran penting dalam pendidikan, dan Wattpad adalah salah satu alat digital yang dapat digunakan siswa untuk melengkapi proses pembelajaran pemahaman membaca mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki alasan mengapa siswa EFL menggunakan Wattpad sebagai media pembelajaran, dan keuntungan membaca novel berbahasa Inggris di Wattpad untuk pemahaman membaca siswa EFL. Peneliti menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti mengumpulkan data dari enam mahasiswa di sebuah Universitas Swasta di Yogyakarta melalui wawancara individu. Selanjutnya peneliti memperoleh analisis data melalui tiga cara: transkripsi, pengecekan anggota, dan pengkodean untuk memastikan validitas data. Temuan menunjukkan bahwa alasan siswa EFL menggunakan Wattpad sebagai media pembelajaran adalah: 1) Wattpad bersifat fleksibel, 2) Wattpad tidak dipungut biaya, 3) Cerita-cerita di Wattpad menyenangkan untuk dibaca, dan 4) Wattpad mudah dinavigasi. Selain itu, temuan ini menunjukkan tiga keuntungan membaca bahasa Inggris di Wattpad untuk pemahaman membaca siswa EFL, yaitu 1) Meningkatkan kosakata siswa EFL, 2) Meningkatkan minat membaca siswa EFL, dan 3) Memperkaya referensi teks bahasa Inggris siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | teaching media, digital technology, Wattpad application, learning English |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 08 Jun 2024 05:49 |
Last Modified: | 08 Jun 2024 05:49 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45462 |