NAUFAL RIZQI YUSRON (2024) ENHANCING STUDENTS' GRAMMAR USING DUOLINGO: AN EXPERIMENTAL STUDY AT A PRIVATE UNIVERSITY IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (494kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (532kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (267kB)
Bab I.pdf
Download (379kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (256kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (783kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (265kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (335kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (915kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (430kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Tata bahasa adalah salah satu bagian penting dari bahasa yang harus dipahami dengan baik oleh pelajar bahasa. Pemanfaatan teknologi untuk belajar tata bahasa merupakan metode terobosan dalam kegiatan belajar mengajar. Duolingo merupakan salah satu aplikasi untuk belajar bahasa Inggris, khususnya grammar. Namun, Duolingo belum banyak digunakan oleh mahasiswa tingkat universitas. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tata bahasa mahasiswa dengan penggunaan Duolingo dan mengetahui persepsi mahasiswa terhadap keunggulan Duolingo sebagai media untuk meningkatkan tata bahasa. Pertanyaan penelitian dari penelitian ini dirumuskan sebagai berikut. Pertama, bagaimana penguasaan tata bahasa mahasiswa sebelum menggunakan Duolingo? Kedua, bagaimana penguasaan tata bahasa mahasiswa setelah menggunakan Duolingo? Ketiga, apakah ada peningkatan yang signifikan dalam penguasaan tata bahasa siswa setelah menggunakan Duolingo? Terakhir, bagaimana persepsi siswa terhadap keunggulan Duolingo sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan penguasaan tata bahasa? Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen dan ditindaklanjuti dengan wawancara. Penelitian ini dilakukan di sebuah universitas swasta di Yogyakarta. Dua puluh mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris tahun pertama terlibat sebagai peserta. Data dikumpulkan dengan melakukan pre-test, perlakuan, dan post-test selama percobaan. Selain itu, wawancara dilakukan dengan enam peserta untuk mengeksplorasi persepsi mereka tentang keunggulan Duolingo dalam meningkatkan penguasaan tata bahasa mereka. Berdasarkan temuan, hasil antara pre-test dan post-test meningkat. Nilai rata-rata pre-test adalah 34,15 sedangkan post-test adalah 37,50. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dalam penguasaan tata bahasa siswa setelah menggunakan Duolingo. Selain itu, keuntungan dari penggunaan Duolingo adalah mengurangi kesalahan tata bahasa, meningkatkan motivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris, dan memperkaya kosakata siswa.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | grammar, Duolingo, experimental study, university students |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 08 Jun 2024 04:10 |
Last Modified: | 08 Jun 2024 04:10 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45470 |