AYUDIA SOFANDA (2024) PENGARUH MORAL IDEALISM, CORPORATE ETHICAL VALUE, CONCENTRATION OF EFFECT TERHADAP ETHICAL JUDGEMENT DENGAN VARIABEL MEDIASI ETHICAL RECOGNITION (STUDI EMPIRIS PADA PEGAWAI DI INSTANSI PEMERINTAHAN KABUPATEN BANYUMAS). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (552kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (483kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (164kB)
Bab I.pdf
Download (227kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (404kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (257kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (740kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (154kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (183kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (495kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh moral idealism, corporate ethical value, dan concentration of effect terhadap ethical judgment dengan ethical recognition sebagai variabel mediasi. Sampel dalam penelitian ini adalah pegawai Instansi Pemerintah lebih tepatnya beberapa Kantor Dinas di Kabupaten Banyumas dengan menggunakan purposive sampling. Responden pada penelitian ini sebanyak 110 Pegawai Negeri Sipil. Penurunan hipotesis pada penelitian ini ada sepuluh hipotesis dan pengolahan data analisis menggunakan SEM-PLS dengan menggunakan aplikasi SmartPLS v4.0.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa moral idealisme tidak memengaruhi ethical judgment namun memiliki dampak pada ethical recognition. Di sisi lain, corporate ethical value memiliki dampak pada ethical judgment tetapi tidak berpengaruh pada ethical recognition. Concentration of effect tidak memiliki dampak pada ethical judgment, tetapi langsung mempengaruhi ethical recognition. Moral idealism tidak memiliki dampak langsung pada ethical judgment melalui ethical recognition. Namun, corporate ethical value mempengaruhi ethical judgment melalui ethical recognition. Concentration of effect tidak memengaruhi ethical judgment melalui ethical recognition.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Moral Idealism, Corporate Ethical Value, Concentration Of Effect, Ethical Judgment, Ethical Recognition |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 08 Jun 2024 03:38 |
Last Modified: | 08 Jun 2024 03:38 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45491 |