AHMAD HUSEIN AN NURY (2024) HOW TO MASTERY ARABIC VOCABULARIES BY USING MEMORIZATION METHOD AND VISUAL LEARNING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (102kB)
Letter of Accepted.pdf
Restricted to Registered users only
Download (272kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (173kB)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only
Download (664kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (79kB)
Abstract
Penelitian ini meneliti penguasaan kosakata bahasa Arab di kalangan siswa SMP Islam An-Nur di Bengkalis, Riau, Indonesia, yang berfokus pada penggunaan metode menghafal dan pembelajaran visual dengan menggunakan aplikasi Canva. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperkenalkan dan menerapkan secara langsung kosakata bahasa Arab tentang kegiatan sehari-hari melalui kedua metode tersebut, menghafal dan pembelajaran visual, di dalam kelas dan para siswa didorong untuk terlibat secara aktif. Sampel dari penelitian ini adalah 48 siswa untuk tiga kelas yang dipilih dengan menggunakan Sampling Jenuh, yaitu pendekatan pengambilan sampel yang melibatkan semua anggota populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Untuk menyoroti efisiensi metode yang digunakan, peneliti melakukan evaluasi (Post-test) yang diberikan kepada siswa setelah guru menjelaskan dan mempraktekkan kedua metode, hafalan dan pembelajaran visual, di depan semua responden. Pendekatan analisis deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan pembelajaran melalui media modern, seperti Canva, melampaui keberhasilan tradisional dalam menghafal kosakata. Hal ini terlihat dari hasil penilaian, di mana nilai rata-rata untuk kelas 7 dengan menggunakan Canva adalah 87, yang mencerminkan peningkatan 5 poin dibandingkan dengan nilai 82 yang dicapai melalui metode menghafal. Sementara itu, kedua metode tersebut menghasilkan nilai yang sama, yaitu 95 untuk kelas 8. Untuk kelas 9, Canva menunjukkan sedikit keunggulan dengan nilai rata-rata 96, melampaui nilai 95 yang diperoleh melalui metode menghafal dengan selisih satu poin. Kesimpulannya, peneliti sangat yakin bahwa pembelajaran visual dengan Canva lebih efektif untuk meningkatkan kosakata bahasa Arab siswa karena lebih mudah dan menarik minat siswa untuk mengingat kata-kata tersebut.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mastery, Arabic Vocabularies, Memorization, Visual Learning |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 08 Jun 2024 03:28 |
Last Modified: | 08 Jun 2024 03:28 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45495 |