EDUCATOR'S PERSPECTIVE ON THE IMPLEMENTATION OF AN INDEPENDENT CURRICULUM IN ARABIC LANGUAGE LEARNING IN MTS NEGERI MALINAU, NORTHERN KALIMANTAN

ANIS FITRIAH (2024) EDUCATOR'S PERSPECTIVE ON THE IMPLEMENTATION OF AN INDEPENDENT CURRICULUM IN ARABIC LANGUAGE LEARNING IN MTS NEGERI MALINAU, NORTHERN KALIMANTAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bukti Sumbangan Buku Wisudawan] Text (Bukti Sumbangan Buku Wisudawan)
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[thumbnail of Letter of Accepted] Text (Letter of Accepted)
Letter of Accepted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[thumbnail of Artikel Jurnal] Text (Artikel Jurnal)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)

Abstract

Penerapan Kurikulum Merdeka menimbulkan beragam tanggapan, terutama dari kalangan guru. Timbulnya persoalan bermula dari kurangnya pelatihan atau sosialisasi, waktu perubahan yang terkesan tergesa-gesa dan munculnya berbagai polemik terutama bagi sekolah-sekolah yang jauh dari pemerintahan pusat sehingga membuat sekolah harus terbata-bata dalam menerapkan kurikulum ini. Banyaknya permasalahan yang muncul memicu beragam persepsi terkait penerapan kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru terhadap implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran bahasa Arab di MTs Negeri Malinau serta mengetahui bentuk penerapannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif menggunakan pendekatan Miles and Huberman. Peneliti menggunakan observasi dan wawancara untuk mengumpulkan data yang bersumber dari guru-guru MTs Negeri Malinau dan penerapan kurikulim merdeka sebagai subjek dan objek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi para guru, termasuk kepala sekolah dan waka kurikulum, terhadap penerapan KurikulumMerdeka dalam pembelajaran bahasa Arab, adalah positif. Mereka menyatakan bahwa kurikulum ini dianggap sudah cukup baik dan relevan dengan kebutuhan peserta didik. Meskipun demikian, terdapat kendala dalam penerapannya, terutama terkait dengan fasilitas yang kurang mencukupi. Bentuk penerapan Kurikulum Merdeka di MTs Negeri Malinau sangat beragam. Meski terdapat hambatan fasilitas, sekolah tetap optimis dapat melaksanakan Kurikulum Merdeka dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perception, Independent Curriculum, Arabic Language
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 08 Jun 2024 03:30
Last Modified: 08 Jun 2024 03:30
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45496

Actions (login required)

View Item
View Item