STRATEGI GASTRODIPLOMASI KOREA SELATAN UNTUK MENARIK PERHATIAN WISATAWAN INDONESIA KE KOREA SELATAN (2015-2019)

Anggi Angriani (2021) STRATEGI GASTRODIPLOMASI KOREA SELATAN UNTUK MENARIK PERHATIAN WISATAWAN INDONESIA KE KOREA SELATAN (2015-2019). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (540kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (183kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (434kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (986kB)

Abstract

<p>Korea Selatan merupakan salah satu negara yang melakukan gastrodiplomasi untuk mempromosikan makanan khasnya. Gastrodiplomasi ialah salah satu cara diplomasi untuk memberikan pemahaman budaya suatu negara kepada masyarakat internasional dengan cara menggunakan makanan negara khas negara tersebut. Selain memperkenalkan makanan khas, gastrodiplomasi juga memiliki tujuan untuk meningkatkan wisatawan asing yang berkunjung ke negara tersebut. Sehingga Korea Selatan melakukan gastrodiplomasi untuk menarik wisatawan dari negara lain berkunjung ke negaranya dan dapat menikmati secara langsung cita rasa makanan khas Korea, dan menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara untuk melakukan gastrodiplomasinya. Dalam melakukan gastrodiplomasinya, Korea Selatan telah melakukan berbagai upaya untuk memperkenalkan makanan khasnya di Indonesia, seperti mengadakan <em>K-food Fair </em>yang rutin dilakukan. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan strategi-strategi gastrodiplomasi yang dilakukan oleh Korea Selatan untuk menarik wisatawan dari Indonesia agar berwisata ke Korea Selatan pada periode 2015-2019. Dalam skripsi ini, penulis menggunakan konsep gastrodiplomasi. Skripsi ini juga menggunakan metode penelitian kualitatif, dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan data sekunder dari jurnal, buku, artikel, <em>website</em> resmi yang berhubungan dengan gastrodiplomasi Korea Selatan.</p>

<p><strong>Kata Kunci: Gastrodiplomasi, Indonesia, <em>Korean food</em>, <em>K-food Halal</em>, Korea Selatan, Wisatawan</strong></p>

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 05 Nov 2021 03:06
Last Modified: 05 Nov 2021 03:06
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4550

Actions (login required)

View Item
View Item