HAURAA NURUL AULIA (2024) DEMOTIVASI BELAJAR BAHASA PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (330kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (293kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (189kB)
Bab I.pdf
Download (166kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (170kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (153kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (113kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (132kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (407kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (404kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor, dampak, dan solusi dari demotivasi belajar bahasa pada mahasiswa Pendidikan bahasa Jepang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan faktor, dampak, dan solusi demotivasi belajar bahasa pada mahasiswa. Subjek pada penelitian ini adalah 50 mahasiswa PBJ UMY dari angkatan 2020 dan 2021, ini menggunakan angket terbuka. Berdasarkan hasil penelitian faktor penentu demotivasi mahasiswa adalah; Lingkungan belajar yang tidak mendukung, ketidak jelasan dari penjelasan dosen, kurangnya minat belajar terhadap Bahasa, tekanan yang berlebihan dari orang tua, faktor kemampuan mahasiswa, faktor kesulitan mahasiswa, faktor lingkungan pertemanan, dan faktor cara mengajar dosen. Sedangkan dampak dari demotivasi yang dialami mahasiswa adalah; kehilangan minat dalam belajar, mengalami Stress dan kecemasan yang berlebihan, rendahnya percaya diri dalam belajar Bahasa, prestasi akademik yang menurun, Malas (tidak bersemangat) untuk mengikuti perkuliahan. Solusi dari dampak yang dialami adalah; menciptakan lingkungan belajar yang mendukung, memilih metode pembelajaran yang tepat sesuai minat mahasiswa, memanfaatkan media pembelajaran, memikirkan tujuan hidup.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivation, Demotivation, Factors, Impact, Solutions |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Jepang S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 06:40 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 06:40 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45524 |