MUHAMMAD MU'TAZ SYAFIQ (2024) STUDENTS' PERCEPTION ON SOCIAL LEARNING ENVIRONMENT TOWARDS THEIR ENGLISH SKILLS' MASTERY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (511kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (256kB)
Bab I.pdf
Download (160kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (265kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (274kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (466kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (338kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (475kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (587kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (565kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Dalam proses pembelajaran, lingkungan telah menjadi salah satu elemen penting bagi siswa dalam membantu mereka menjalani perjalanan belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pentingnya lingkungan belajar sosial terhadap penguasaan kemampuan bahasa Inggris siswa berdasarkan perspektif mereka. Penelitian ini memiliki tiga tujuan, pertama adalah untuk mengeksplorasi pentingnya lingkungan belajar sosial dalam hal keluarga terhadap penguasaan kemampuan bahasa Inggris mereka, yang kedua adalah dalam hal kelompok teman sebaya dan ketiga adalah dalam hal komunitas. Untuk desain penelitian, penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Studi ini mengumpulkan data dari enam peserta sebuah universitas Islam di Yogyakarta. Teknik pengumpulan data adalah wawancara melalui telepon melalui panggilan Whatsapp dan merekamnya di perangkat lain. Hasil penelitian menunjukkan dari segi keluarga, orang tua atau keluarga sebagai pendidik membangun kebiasaan belajar bahasa, kesadaran pendidikan keluarga membantu siswa dalam penguasaan kemampuan bahasa Inggris,interaksi menggunakan bahasa Inggris dalam keluarga mempengaruhi siswa mengembangkan kemampuan bahasa Inggris, dan keluarga yang mendukung mempengaruhi siswa dalam belajar bahasa. Kedua, dalam hal peer group dan teman, teman yang mendukung membantu siswa dalam belajar bahasa, dan kolaborasi dan interaksi dalam peer group mempengaruhi siswa pada peningkatan kemampuan bahasa Inggris. Ketiga, dalam hal komunitas, komunitas dengan interaksi sosial mempengaruhi siswa meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, komunitas dengan program bantuan berbasis bahasa Inggris siswa mengembangkan keterampilan bahasa Inggris adalah beberapa faktor untuk membantu mereka mengembangkan kemampuan bahasa Inggris mereka.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Environment, Learning environment, Social Learning Environment, and English skills |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 01:27 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 01:27 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45544 |