MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR BAHASA PEMROGRAMAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN MENGGUNAKAN WEBSITE INTERAKTIF

ZULFA SALSABILA (2024) MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR BAHASA PEMROGRAMAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN MENGGUNAKAN WEBSITE INTERAKTIF. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (732kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (578kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (514kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (634kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi di Indonesia mengalami pertumbuhan yang pesat, terutama dalam beberapa decade terakhir. Indonesia telah menjadi salah satu pasar teknologi terbesar di Asia Tenggara. Investasi, inovasi, dan kehadiran Perusahaan IT besar telah mendorong pertumbuhan sektor ini, memberikan dampak signifikan terhadap ekonomi dan lapangan kerja di negara ini. Persepsi yang salah tentang sulitnya belajar pemrograman juga dapat mengurangi minat para siswa untuk mempelajari dan mendalami ilmu pemrograman. Penulis menggunakan media yang interaktif untuk mengajar. Eksperimen yang dibantu oleh web interaktif adalah jenis penelitian yang digunakan. Memanfaatkan grafik dan animasi yang menarik untuk menyederhanakan konten, menggunakan latihan untuk melatih keterampilan belajar. Pada penelitian menggunakan 40 responden siswa/siswi kelas 5 sekolah dasar. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan uji-t SPSS dan tabel potensial. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi mendapatkan nilai TYTY sejumlah 31 responden, yang mana pada nilai potensi TYTY tersebut menunjukkan bahwa ada 31 siswa/siswi yang berminat untuk mempelajari tentang bahasa pemrograman. Penelitian ini menggaris bawahi bahwa dengan menggunakan media pembelajaran ini dapat meningkatkan minat siswa/siswi dalam mempelajari bahasa pemrograman sederhana sejak dini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Technology Development, Learning Interest, Interactive Web, SPSS t-Test
Divisions: Fakultas Teknik > Teknologi Informasi S1
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 06 Jun 2024 03:55
Last Modified: 06 Jun 2024 03:55
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45555

Actions (login required)

View Item
View Item