LEARNING ENGLISH THROUGH WATCHING ENGLISH YOUTUBE VIDEOS: EFL LEARNERS' PERCEPTION

FINA ISNAENI (2024) LEARNING ENGLISH THROUGH WATCHING ENGLISH YOUTUBE VIDEOS: EFL LEARNERS' PERCEPTION. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (769kB)

Abstract

Belajar bahasa Inggris menggunakan video YouTube bukan lagi hal yang asing dikalangan pelajar karena YouTube menyediakan video berbasis Audio Visual (Suara dan Gambar) sehingga lebih menarik. YouTube memiliki banyak sekali konten sehingga siswa dapat mengakses konten yang mereka inginkan dalam belajar bahasa Inggris. Selain itu, YouTube dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Wawancara dilakukan untuk mengetahui strategi apa yang digunakan siswa dalam belajar bahasa Inggris dan jenis konten YouTube apa yang disukai siswa dalam belajar bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan Desain Penelitian Kualitatif dan menggunakan wawancara untuk mengumpulkan data. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah enam mahasiswa pendidikan bahasa Arab pada salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta. Selain itu, wawancara juga digunakan untuk mengumpulkan data. Temuan penelitian menunjukkan bahwa strategi yang efektif dalam belajar bahasa Inggris menggunakan video YouTube adalah mencatat kosa kata/kata baru/asing, melatih pengucapan kata-kata baru, berlatih berbicara terkait video, dan menonton video yang sama berulang kali karena lebih mudah untuk dipelajari. memahami dan jenis konten video YouTube yang disukai siswa adalah video komedi, film, dan video musik karena menarik dan dapat melatih keterampilan mendengarkan dengan menonton dengan atau tanpa subtitle.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: YouTube videos, English learning strategies, and types of YouTube content that students like when learning English
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 06 Jun 2024 03:11
Last Modified: 06 Jun 2024 03:11
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45559

Actions (login required)

View Item
View Item