INTAN TRIYANA DEFI (2024) TEACHERS' PERCEPTION ON THE USE OF ORAL PRESENTATION IN DEVELOPING STUDENTS' SPEAKING SKILL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (745kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (251kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (110kB)
Bab I.pdf
Download (132kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (187kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (124kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (130kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (118kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (180kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (126kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (228kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (831kB)
Abstract
Beberapa kegiatan dalam pembelajaran dapat menunjang keberhasilan pembelajaran. Presentasi lisan merupakan kegiatan yang sering digunakan dan dapat menunjang pembelajaran di kelas. Presentasi lisan ini telah banyak digunakan oleh para pengajar di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di sebuah universitas swasta di Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan manfaat dan tantangan presentasi lisan dalam mengembangkan keterampilan berbicara siswa seperti yang dirasakan oleh para guru. Peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris pada salah satu perguruan tinggi swasta di Yogyakarta. Peneliti melibatkan enam orang guru dari Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris sebagai partisipan. Peneliti menggunakan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Dalam menganalisis data, peneliti melakukan transkripsi, pengecekan anggota, dan pengkodean yang meliputi pengkodean terbuka, pengkodean analitis, pengkodean aksial, dan pengkodean selektif. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa manfaat presentasi lisan dalam mengembangkan keterampilan berbicara siswa antara lain melatih menjelaskan sesuatu, melatih komunikasi dalam berbicara, melatih penguasaan pengucapan, meningkatkan penguasaan kosakata, berlatih berbicara di depan umum, dan meningkatkan rasa percaya diri. Oleh karena itu, terdapat tantangan dalam presentasi lisan, seperti rasa cemas saat berbicara, kurangnya penguasaan kosakata, kurangnya penguasaan tata bahasa, dan kurangnya penguasaan pengucapan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | EFL, English, oral presentation, speaking skills, teachers' perception |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 03:03 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 03:03 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45564 |