YUNI NUR SETIANA (2024) THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS' SELF ESTEEM AND ENGLISH LEARNING ACHIEVEMENT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (245kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (319kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (72kB)
Bab I.pdf
Download (83kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (142kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (175kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (198kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (70kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (151kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (174kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (303kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Harga diri diyakini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa, yang membantu proses penguasaan bahasa Inggris. Harga diri siswa adalah aspek penting yang dapat mendorong mereka untuk berpartisipasi dalam pembelajaran, memengaruhi pencapaian pembelajaran mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat harga diri siswa SMA/SMK kelas 11, tingkat pencapaian pembelajaran bahasa Inggris, dan untuk mengetahui apakah ada korelasi antara tingkat harga diri siswa dan pencapaian pembelajaran bahasa Inggris mereka. Pendekatan kuantitatif dan desain korelasional diterapkan dalam penelitian ini. Partisipan penelitian ini adalah 115 siswa SMA/SMK kelas 11 untuk tahun akademik 2023/2024 di sebuah SMA/SMK negeri di Bengkulu Utara, Indonesia. Selanjutnya, penelitian ini menggunakan kuesioner yang diadopsi dari Rosenberg (1965) yang berjudul Skala Harga Diri Rosenberg (RSES) dan nilai ujian tengah semester bahasa Inggris sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMA/SMK kelas 11 memiliki tingkat harga diri yang rendah, dengan skor rata-rata 25,85 (M = 25,86, SD = 5,86). Selain itu, hasil pencapaian pembelajaran bahasa Inggris siswa sekolah menengah kejuruan menunjukkan kategori tingkat rendah dengan skor rata-rata 69,25 (M= 69,25 SD = 19,76). Penelitian ini juga mengungkap bahwa nilai p Korelasi Pearson adalah <0,001, yang berarti bahwa nilai p lebih rendah dari 0,05 (p = <0,001,p <0,05), artinya ada korelasi yang signifikan dan untuk nilai Korelasi Pearson adalah 0,45 (r = 0,45) yang berarti bahwa studi ini memiliki korelasi positif dengan kategori korelasi sedang. Hipotesis alternatif (H1) diterima karena nilai p < 0,05. Ini berarti bahwa ada korelasi positif yang signifikan antara harga diri siswa SMA/SMK kelas 11 dan pencapaian bahasa Inggris mereka dengan tingkat sedang.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Correlation, Self-esteem, English achievement |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 02:58 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 02:58 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45567 |