THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS' SELF ESTEEM AND ENGLISH LEARNING ACHIEVEMENT

YUNI NUR SETIANA (2024) THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS' SELF ESTEEM AND ENGLISH LEARNING ACHIEVEMENT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (245kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Harga diri diyakini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa, yang membantu proses penguasaan bahasa Inggris. Harga diri siswa adalah aspek penting yang dapat mendorong mereka untuk berpartisipasi dalam pembelajaran, memengaruhi pencapaian pembelajaran mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat harga diri siswa SMA/SMK kelas 11, tingkat pencapaian pembelajaran bahasa Inggris, dan untuk mengetahui apakah ada korelasi antara tingkat harga diri siswa dan pencapaian pembelajaran bahasa Inggris mereka. Pendekatan kuantitatif dan desain korelasional diterapkan dalam penelitian ini. Partisipan penelitian ini adalah 115 siswa SMA/SMK kelas 11 untuk tahun akademik 2023/2024 di sebuah SMA/SMK negeri di Bengkulu Utara, Indonesia. Selanjutnya, penelitian ini menggunakan kuesioner yang diadopsi dari Rosenberg (1965) yang berjudul Skala Harga Diri Rosenberg (RSES) dan nilai ujian tengah semester bahasa Inggris sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMA/SMK kelas 11 memiliki tingkat harga diri yang rendah, dengan skor rata-rata 25,85 (M = 25,86, SD = 5,86). Selain itu, hasil pencapaian pembelajaran bahasa Inggris siswa sekolah menengah kejuruan menunjukkan kategori tingkat rendah dengan skor rata-rata 69,25 (M= 69,25 SD = 19,76). Penelitian ini juga mengungkap bahwa nilai p Korelasi Pearson adalah <0,001, yang berarti bahwa nilai p lebih rendah dari 0,05 (p = <0,001,p <0,05), artinya ada korelasi yang signifikan dan untuk nilai Korelasi Pearson adalah 0,45 (r = 0,45) yang berarti bahwa studi ini memiliki korelasi positif dengan kategori korelasi sedang. Hipotesis alternatif (H1) diterima karena nilai p < 0,05. Ini berarti bahwa ada korelasi positif yang signifikan antara harga diri siswa SMA/SMK kelas 11 dan pencapaian bahasa Inggris mereka dengan tingkat sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Correlation, Self-esteem, English achievement
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 06 Jun 2024 02:58
Last Modified: 06 Jun 2024 02:58
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45567

Actions (login required)

View Item
View Item