YUNI NUR SETIANA (2024) THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS' SELF ESTEEM AND ENGLISH LEARNING ACHIEVEMENT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (245kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (72kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (83kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (70kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Harga diri diyakini dapat meningkatkan kualitas pembelajaran siswa, yang membantu proses penguasaan bahasa Inggris. Harga diri siswa adalah aspek penting yang dapat mendorong mereka untuk berpartisipasi dalam pembelajaran, memengaruhi pencapaian pembelajaran mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat harga diri siswa SMA/SMK kelas 11, tingkat pencapaian pembelajaran bahasa Inggris, dan untuk mengetahui apakah ada korelasi antara tingkat harga diri siswa dan pencapaian pembelajaran bahasa Inggris mereka. Pendekatan kuantitatif dan desain korelasional diterapkan dalam penelitian ini. Partisipan penelitian ini adalah 115 siswa SMA/SMK kelas 11 untuk tahun akademik 2023/2024 di sebuah SMA/SMK negeri di Bengkulu Utara, Indonesia. Selanjutnya, penelitian ini menggunakan kuesioner yang diadopsi dari Rosenberg (1965) yang berjudul Skala Harga Diri Rosenberg (RSES) dan nilai ujian tengah semester bahasa Inggris sebagai instrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMA/SMK kelas 11 memiliki tingkat harga diri yang rendah, dengan skor rata-rata 25,85 (M = 25,86, SD = 5,86). Selain itu, hasil pencapaian pembelajaran bahasa Inggris siswa sekolah menengah kejuruan menunjukkan kategori tingkat rendah dengan skor rata-rata 69,25 (M= 69,25 SD = 19,76). Penelitian ini juga mengungkap bahwa nilai p Korelasi Pearson adalah <0,001, yang berarti bahwa nilai p lebih rendah dari 0,05 (p = <0,001,p <0,05), artinya ada korelasi yang signifikan dan untuk nilai Korelasi Pearson adalah 0,45 (r = 0,45) yang berarti bahwa studi ini memiliki korelasi positif dengan kategori korelasi sedang. Hipotesis alternatif (H1) diterima karena nilai p < 0,05. Ini berarti bahwa ada korelasi positif yang signifikan antara harga diri siswa SMA/SMK kelas 11 dan pencapaian bahasa Inggris mereka dengan tingkat sedang.
Dosen Pembimbing: | Sri Rejeki Murtiningsih, S.Pd., M.Ed., Ph.D. | NIDN0518047702 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | Correlation, Self-esteem, English achievement |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 02:58 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 02:58 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45567 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |