NABILA ATHAYA FAIZ (2024) ENGLISH LANGUAGE EDUCATION DEPARTMENT STUDENTS' PERCEPTION ON THE USE OF ELSA SPEAK FOR PRACTICING ENGLISH SPEAKING SKILL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (226kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (258kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (149kB)
Bab I.pdf
Download (295kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (315kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (167kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (290kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (257kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (403kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (491kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (168kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Saat ini sebagian besar siswa menggunakan MALL (Mobile Assisted Language Learning) untuk melatih keterampilan berbicara. Mahasiswa biasanya menggunakan salah satu aplikasi dari MALL yaitu ELSA Speak. ELSA Speak merupakan aplikasi yang mendukung siswa untuk melatih keterampilan berbicara dengan menggunakan berbagai fitur menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa Departemen Pendidikan Bahasa Inggris dalam melatih keterampilan berbicara bahasa Inggris menggunakan ELSA Speak dan mengeksplorasi strategi yang digunakan untuk mengatasi tantangan ketika menggunakan ELSA Speak, sebuah aplikasi seluler populer yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif sebagai desain penelitian dan mengumpulkan data dari enam partisipan yang merupakan mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di sebuah universitas swasta di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode wawancara individual sebagai metode pengumpulan data. Temuan ini mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil wawancara, tantangan yang dihadapi mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dalam melatih keterampilan berbicara bahasa Inggris menggunakan ELSA Speak adalah melakukan kesalahan terus menerus, penekanan pengucapan yang berlebihan, aksen yang tidak dikenali, kesulitan dalam menguasai bunyi, guru kekurangan kontrol, dan keterbatasan fitur. Siswa ELED juga mengatakan untuk mengatasi tantangan dalam menggunakan ELSA Speak untuk melatih keterampilan berbicara mereka. Terdapat enam strategi seperti fokus pada fitur lain di ELSA Speak, memanfaatkan aplikasi tambahan, mengulang Latihan, bertanya pada yang lebih berpengetahuan, dan menggunakan Fitur Gratis.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Speaking skill, ELSA Speak, Qualitative descriptive, Challenges, Learning strategies |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 02:49 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 02:49 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45569 |