ENGLISH LANGUAGE EDUCATION DEPARTMENT STUDENTS' PERCEPTION ON THE USE OF ELSA SPEAK FOR PRACTICING ENGLISH SPEAKING SKILL

NABILA ATHAYA FAIZ (2024) ENGLISH LANGUAGE EDUCATION DEPARTMENT STUDENTS' PERCEPTION ON THE USE OF ELSA SPEAK FOR PRACTICING ENGLISH SPEAKING SKILL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (226kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (295kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (257kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Saat ini sebagian besar siswa menggunakan MALL (Mobile Assisted Language Learning) untuk melatih keterampilan berbicara. Mahasiswa biasanya menggunakan salah satu aplikasi dari MALL yaitu ELSA Speak. ELSA Speak merupakan aplikasi yang mendukung siswa untuk melatih keterampilan berbicara dengan menggunakan berbagai fitur menarik. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki tantangan yang dihadapi oleh mahasiswa Departemen Pendidikan Bahasa Inggris dalam melatih keterampilan berbicara bahasa Inggris menggunakan ELSA Speak dan mengeksplorasi strategi yang digunakan untuk mengatasi tantangan ketika menggunakan ELSA Speak, sebuah aplikasi seluler populer yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif sebagai desain penelitian dan mengumpulkan data dari enam partisipan yang merupakan mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di sebuah universitas swasta di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode wawancara individual sebagai metode pengumpulan data. Temuan ini mengungkapkan bahwa berdasarkan hasil wawancara, tantangan yang dihadapi mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris dalam melatih keterampilan berbicara bahasa Inggris menggunakan ELSA Speak adalah melakukan kesalahan terus menerus, penekanan pengucapan yang berlebihan, aksen yang tidak dikenali, kesulitan dalam menguasai bunyi, guru kekurangan kontrol, dan keterbatasan fitur. Siswa ELED juga mengatakan untuk mengatasi tantangan dalam menggunakan ELSA Speak untuk melatih keterampilan berbicara mereka. Terdapat enam strategi seperti fokus pada fitur lain di ELSA Speak, memanfaatkan aplikasi tambahan, mengulang Latihan, bertanya pada yang lebih berpengetahuan, dan menggunakan Fitur Gratis.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Speaking skill, ELSA Speak, Qualitative descriptive, Challenges, Learning strategies
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 06 Jun 2024 02:49
Last Modified: 06 Jun 2024 02:49
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45569

Actions (login required)

View Item
View Item