DWI LAILI FITRI (2024) THE EXPERIENCES OF NON-ENGLISH STUDENTS IN SPEAKING ENGLISH AT ONE OF PRIVATE UNIVERSITY IN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (382kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (448kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (13kB)
Bab I.pdf
Download (94kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (114kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (204kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (112kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (14kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (153kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (118kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (208kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Saat ini, bahasa Inggris tidak hanya harus dikuasai oleh pelajar bahasa Inggris, tetapi juga orang-orang dari segala usia. Meskipun sebelumnya siswa telah diajarkan bahasa Inggris sejak sekolah dasar, namun hal tersebut tidak menjamin siswa dapat berbicara bahasa Inggris dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi kesulitan yang dihadapi oleh siswa non-Inggris dalam berbicara bahasa Inggris dan untuk menganalisis strategi yang efektif yang digunakan oleh siswa non-Inggris untuk mengatasi kesulitan dalam berbicara bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Ada enam partisipan yang terlibat dalam penelitian ini, tiga diantaranya berasal dari Jurusan Pendidikan Bahasa Arab dan tiga lainnya dari Pendidikan Bahasa Jepang. Sebagai temuan pertama berdasarkan pengumpulan data, terdapat kesulitan yang dialami oleh mahasiswa non-Inggris ketika berbicara bahasa Inggris yang terbagi menjadi tiga faktor, yaitu faktor linguistik, psikologis, dan lingkungan. Faktor linguistik adalah kurangnya penguasaan kosakata, kurangnya penguasaan pelafalan, dan kurangnya penguasaan tata bahasa. Sedangkan faktor psikologis adalah kurangnya rasa percaya diri. Kemudian, faktor lingkungan adalah terbatasnya waktu untuk berbicara bahasa Inggris di kelas. Temuan kedua terkait dengan strategi untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi oleh mahasiswa non-Inggris dalam berbicara bahasa Inggris seperti, berlatih dengan teman, menonton film bahasa Inggris, membaca buku bahasa Inggris, mencatat dan menghafal kosakata baru, belajar melalui media sosial dan mengikuti kursus.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Speaking English, Difficulties in Speaking English, Strategies to deal with the Difficulties, non-English Department Students |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 30 May 2024 03:29 |
Last Modified: | 30 May 2024 03:29 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45586 |