SIDQI MUHAMMAD HADIRI (2024) INVESTIGATING ENGLISH TEACHING METHOD IN NON-FORMAL EDUCATION OF "KAMPUNG INGGRIS" PARE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (842kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (352kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (48kB)
Bab I.pdf
Download (124kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (162kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (144kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (157kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (57kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (95kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (369kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (191kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Bahasa Inggris merupakan bahasa asing di Indonesia. Karena terbatasnya waktu untuk belajar bahasa Inggris di sekolah formal, keberadaan Kampung Inggris, Pare, Kediri, Jawa Timur menjadi salah satu alternatif bagi pembelajar EFL untuk belajar bahasa Inggris. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan metode pengajaran dan proses pengajaran di Kampung Inggris, Pare, Kediri, Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti mewawancarai lima dari tujuh guru bahasa Inggris di salah satu kursus privat bahasa Inggris di Pare, Kediri, Jawa Timur. Selain itu, peneliti mengamati proses pengajaran untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menemukan bahwa beberapa metode pengajaran seperti 1) menggunakan Grammar Translation Method (GTM), 2) menggunakan Problem Based Learning (PBL), Community Language Teaching (CLT), Communicative Language Learning (CLL), dan metode Audio-lingual adalah efektif digunakan dalam pengajaran bahasa Inggris untuk pelajar EFL. Selain itu, temuannya menemukan bahwa semua guru memiliki pola mengajar yang sama. Ada tiga tahapan proses pengajaran dimana pada pra pengajaran guru memberi salam dan berdoa, pada pasca pengajaran guru menyampaikan materi, dan diakhiri pada pasca pengajaran dimana guru melakukan refleksi dan review terhadap materi yang telah disampaikan. Pentingnya penelitian ini adalah untuk mengembangkan metode pengajaran bahasa Inggris yang digunakan di Kampung Inggris, Pare. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti berharap kedepannya metode pengajaran bahasa Inggris di Kampung Inggris, Pare semakin bervariasi dan berkembang.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | English Teaching Method, EFL Learners, Kampung Inggris |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 30 May 2024 01:54 |
Last Modified: | 30 May 2024 01:54 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45599 |