ENGLISH TEACHERS' STRATEGIES TO FACILITATE SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS' CRITICAL THINKING: A QUALITATIVE STUDY

MUHAMMAD THORIQ RAIHAN (2024) ENGLISH TEACHERS' STRATEGIES TO FACILITATE SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS' CRITICAL THINKING: A QUALITATIVE STUDY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (350kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (83kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (121kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB)

Abstract

Berpikir kritis merupakan kemampuan intelektual yang sangat penting untuk dikembangkan dalam dunia pendidikan, khususnya pada jenjang sekolah menengah atas ke atas. Kemampuan ini memungkinkan siswa menganalisis informasi dan memecahkan masalah. Penelitian ini menyelidiki pandangan guru tentang mengapa siswa memerlukan berpikir kritis dan mengeksplorasi strategi guru untuk memfasilitasi berpikir kritis siswa. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara. Peserta terdiri dari lima orang guru SMA di pesantren dan SMA swasta. Temuan dalam penelitian ini adalah pandangan guru mengenai alasan mengapa siswa perlu berpikir kritis, salah satunya adalah untuk meningkatkan pemecahan masalah, mempersiapkan situasi kehidupan nyata siswa, meningkatkan bakat siswa dan mengikuti pembelajaran dengan baik. Kemudian salah satu strategi guru dalam meningkatkan berpikir kritis siswa adalah dengan mengajar berdasarkan pengalaman, meminta siswa menganalisis materi, meminta siswa menyajikan materi, melakukan diskusi kelompok. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa pandangan guru mengenai mengapa berpikir kritis sangat penting bagi siswa dan strategi apa yang dapat digunakan guru untuk memfasilitasi pengembangan berpikir kritis siswa di sekolah menengah.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Critical thinking, teacher viewpoints, teacher strategies, senior high school
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Yuliana Ramawati
Date Deposited: 29 May 2024 05:31
Last Modified: 29 May 2024 05:31
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45614

Actions (login required)

View Item
View Item