MUHAMMAD THORIQ RAIHAN (2024) ENGLISH TEACHERS' STRATEGIES TO FACILITATE SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS' CRITICAL THINKING: A QUALITATIVE STUDY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (350kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (139kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (94kB)
Bab I.pdf
Download (83kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (159kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (126kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (132kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (96kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (130kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (121kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (218kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (683kB)
Abstract
Berpikir kritis merupakan kemampuan intelektual yang sangat penting untuk dikembangkan dalam dunia pendidikan, khususnya pada jenjang sekolah menengah atas ke atas. Kemampuan ini memungkinkan siswa menganalisis informasi dan memecahkan masalah. Penelitian ini menyelidiki pandangan guru tentang mengapa siswa memerlukan berpikir kritis dan mengeksplorasi strategi guru untuk memfasilitasi berpikir kritis siswa. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini, dan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara. Peserta terdiri dari lima orang guru SMA di pesantren dan SMA swasta. Temuan dalam penelitian ini adalah pandangan guru mengenai alasan mengapa siswa perlu berpikir kritis, salah satunya adalah untuk meningkatkan pemecahan masalah, mempersiapkan situasi kehidupan nyata siswa, meningkatkan bakat siswa dan mengikuti pembelajaran dengan baik. Kemudian salah satu strategi guru dalam meningkatkan berpikir kritis siswa adalah dengan mengajar berdasarkan pengalaman, meminta siswa menganalisis materi, meminta siswa menyajikan materi, melakukan diskusi kelompok. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa pandangan guru mengenai mengapa berpikir kritis sangat penting bagi siswa dan strategi apa yang dapat digunakan guru untuk memfasilitasi pengembangan berpikir kritis siswa di sekolah menengah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Critical thinking, teacher viewpoints, teacher strategies, senior high school |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 29 May 2024 05:31 |
Last Modified: | 29 May 2024 05:31 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45614 |