YULHANITA TASNIMA (2024) PENGELOLAAN INSTAGRAM MUSEUM BENTENG VREDEBURG DALAM MENINGKATKAN BRAND AWARENESS TAHUN 2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (129kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (234kB)
Bab I.pdf
Download (354kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (281kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (202kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (196kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (434kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (204kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Media sosial menjadi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat dalam mencari informasi maupun membagikan kegiatan. Museum Benteng Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta merupakan salah satu lembaga berada dibawah naungan pemerintah yang aktif dalam menggunakan Instagram. Penggunaan Instagram oleh Museum Benteng Vredeburg untuk memberikan informasi mengenai edukasi sejarah dan promosi kegiatan yang sedang berlangsung di Museum Benteng Vredeburg, serta untuk tetap berinteraksi secara aktif dengan audiens museum. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengelolaan Instagram Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta dalam meningkatkan brand awareness tahun 2023. Metode penelitian ini kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam dan studi dokumen. Informan dalam penelitian ini yaitu Koordinator Divisi Hubungan Masyarakat dan Koordinator Divisi Publikasi dan Promosi. Uji validitas data dalam penelitian ini yaitu triangulasi sumber data yaitu hasil wawancara, studi dokumen, dan hasil pengamatan pada Instagram Museum Benteng Vredeburg. Hasil penelitian menunjukkan pengelolaan Instagram yang dilakukan Museum Benteng Vredeburg mulai dari perencanaan yang menggunakan hashtag tertentu dan penggunaan fitur fitur di Instagram. Dalam pembuatan konten Museum Benteng Vredeburg melibatkan beberpaa divisi diantaranya humas, publikasi dan promosi, dokumentasi, dan edukasi. Namun ada beberapa aspek yang perlu diperbaiki seperti, implementasi dari content planner yang kurang maksimal yang menyebabkan kurang konsistensinya frekuensi unggahan konten. Dan kedepannya perlu juga untuk responsif terhadap komentar audiens di beberapa konten.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Management, Social Media Enggagement, Instagram |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 29 May 2024 03:24 |
Last Modified: | 29 May 2024 03:24 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45651 |