DEWI SAFITRI (2024) GENDER DIFFERENCES IN EFL STUDENTS' READING MOTIVATION AND ATTITUDE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (673kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (109kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (330kB)
Bab I.pdf
Download (305kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (405kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (654kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (502kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (266kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (466kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (314kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (705kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Motivasi dan sikap akan mendorong pembelajar EFL untuk sukses dalam membaca. Penelitian ini mengeksplorasi perbedaan gender dalam motivasi dan sikap membaca di kalangan pembelajar bahasa Inggris dan bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok siswa, siswa laki-laki dan perempuan. Mengenali motivasi dan sikap siswa sangat penting untuk memahami tujuan membaca mereka. Penelitian di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris salah satu perguruan tinggi Islam swasta ini memanfaatkan mahasiswa angkatan 2021, dan terpilih 90 peserta yang terdiri dari 63 perempuan dan 27 laki-laki. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif. Hipotesis penelitian ini adalah siswa laki-laki dan perempuan berbeda secara signifikan dalam motivasi dan sikap terhadap membaca dalam bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan uji Independent Samples T-test untuk menguji perbedaan gender dengan menunjukkan rata-rata nilai siswa laki-laki (M=82,59) dan siswa perempuan memperoleh nilai (M= 90.24). Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan antara motivasi dan sikap membaca siswa laki-laki dan perempuan dalam bahasa Inggris, dimana perempuan menunjukkan tingkat yang lebih tinggi. Dengan demikian, hipotesis dalam penelitian ini diterima. Kesimpulannya, guru dapat secara efektif mengkomunikasikan pentingnya membaca dalam perjalanan belajar siswa secara keseluruhan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | differences, Gender, Reading, Motivation, Attitude |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 04:08 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 04:08 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45724 |