LULU RAFIFAH (2024) EFEKTIVITAS METODE JIGSAW DENGAN MEMBANDINGKAN METODE CERAMAH BAGI PENINGKATAN KETERAMPILAN MUHADATSAH BAHASA ARAB SISWA KELAS VII SMPIT ALAM NURUL ISLAM YOGYAKARTA TAHUN 2023/2024. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (5MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (174kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (231kB)
Bab I.pdf
Download (123kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (163kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (137kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (89kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (114kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (5MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (332kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode jigsaw untuk meningkatkan keterampilan muhadatsah bahasa Arab pada siswa dan membadingkan penerapan metode jigsaw dengan metode diskusi atau ceramah bagi peningkatan muhadatsah bahasa Arab siswa.Jenis pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan secara probability sampling dengan pendekatan yang acak, memberikan setiap anggota populasi kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai sampel. Instrumen penelitian berupa observasi untuk mengetahui seberapa jauh materi yang sudah diajarkan sebelumnya dan untuk mengetahui metode apa yang diajarkan oleh guru tersebut, tes pretest dan posttest untuk membadingkan seberapa efektiv penerapan metode jigsaw dengan metode diskusi atau ceramah bagi peningkatan muhadatsah, skala penilaian yang digunakan untuk mengetahui hasil dari penilaian dari validasi soal tes pretest dan posttest, dan dokumentasi. Kemudian untuk menganalisis data digunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis, dan uji T. Hasil penelitian ini adalah menunjukkan bahwa Metode ???? berpengaruh terhadap muhadatsah bahasa Arab siswa, (1) Berdasarkan pembahasan output tabel 4.10 uji wilcoxon pada data penelitian ini dengan nilai Asymp. sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 maka dasar pengambilan keputusan jika nilai Asymp. sig. (2-tailed) < 0,05 maka, hipotesis diterima. Dapat disimpulkan ada pengaruh metode jigsaw bagi peningkatan muhadatsah bahasa Arab siswa kelas VII SMPIT Alam Nurul Islam Yogyakarta. (2) Berdasarkan pembahasan output tabel 4.12 Uji wilcoxon pada data penilaian ini dengan nilai Asymp. sig. (2 tailed) 0,000 < 0,05 maka, dapat disimpulkan bahwa Hipotesis diterima. Artinya ada perbedaan antara metode ceramah atau diskusi dengan metode jigsaw untuk pretest dan posttest, sehingga dapat disimpulkan bahwa metode jigsaw berpengaruh bagi peningkatan muhadatsah kelas VII SMPIT Alam Nurul Islam Yogyakarta.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Effectiveness, Jigsaw, Muhadatsah |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Arab S1 |
Depositing User: | Bima |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 03:33 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 03:33 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45741 |