STRATEGI DIPLOMASI BUDAYA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN AUSTRALIA PASCA COVID-19

DINDA FITRIA RAHMAWATI (2024) STRATEGI DIPLOMASI BUDAYA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN AUSTRALIA PASCA COVID-19. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (188kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengenai strategi yang dilakukan Indonesia untuk menarik kembali minat kunjungan wisatawan asing asal Australia pasca menyebarnya pandemi Covid-19 dengan menggunakan diplomasi budaya. Diplomasi budaya termasuk dalam kekuatam Soft-Power sebagai salah satu cara menjalin hubungan dengan negara lain dalam situasi damai, diplomasi kebudayaan dapat dilakukan dalam beberapa bentuk, salah satunya adalah eksibisi. Eksibisi merupakan salah satu bentuk diplomasi kebudayaan yang dapat berupa festival, pameran maupun pertunjukkan.. Dengan menggunakan metode kualitatif dan teknik pengumpulan data melalui tinjauan literatur terkait. Hasil penelitian menyatakan bahwa upaya Indonesia yang berusaha menarik kembali minat wisatawan asing Australia dengan menerapkan program wonderful Indonesia sebagai Nation Branding untuk mempromosikan sektor pariwisata serta mengenalkan budaya Indonesia pada warga Australia, tidak lupa menyiapkan fasilitas yang mungkin diperlukan oleh para pengunjung destinasi wisata ketika nantinya keadaan mulai berangsur membaik. Pemerintah Indonesia juga berkoordinasi dengan komunitas Indonesia di Australia Barat untuk melaksanakan Virtual Festival Indonesia Perth 2020 menunjukkan hasil yang cukup baik. Setelah situasi mulai membaik dapa tahun 2022 kunjungan wisatawan Australia perlahan mengalami peningkatan meskipun sempat mengalami penurunan yang diperngaruhi musim liburan di Australia.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Indonesia, Australia, Cultural Diplomacy, Tourism, Covid-19
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 04 Jun 2024 06:58
Last Modified: 04 Jun 2024 06:58
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45815

Actions (login required)

View Item
View Item