WIWID PRATIWI (2024) EXPLORING THE PERCEPTIONS OF JUNIOR HIGH SCHOOL ENGLISH TEACHER�S IN YOGYAKARTA IN ENHANCING THEIR PEDAGOGICAL COMPETENCE. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (285kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (266kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (120kB)
Bab I.pdf
Download (119kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (142kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (99kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (106kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (15kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (179kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (595kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (376kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Kompetensi pedagogik merupakan kompetensi yang paling penting dan berbeda dengan kompetensi lainnya karena berkaitan dengan pengelolaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru bahasa Inggris terkait hambatan dan strategi dalam meningkatkan kompetensi pedagogik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan strategi yang digunakan guru bahasa Inggris dalam meningkatkan kompetensi pedagogik. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam terhadap enam partisipan. Mereka adalah guru bahasa Inggris dari empat sekolah menengah pertama yang berbeda di Yogyakarta dan telah memiliki pengalaman dalam meningkatkan kompetensi pedagogi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa hambatan dalam peningkatan kompetensi pedagogik. Diantaranya adalah penyesuaian RPP, pelatihan online yang tidak efektif, pelatihan sekolah yang tidak efektif, keterbatasan waktu, dan kurangnya keterampilan IT. Selain itu, beberapa strategi telah ditemukan untuk mengatasi kendala tersebut. Strategi tersebut adalah pembelajaran melalui PMM, pembelajaran melalui media sosial, peer sharing dan diskusi, peer learning, reading, dan Self-learning. Guru disarankan untuk terus mengembangkan kompetensi pedagogiknya dan terus mencari strategi baru terkait peningkatan kompetensi pedagogik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | English teacher, pedagogical competence, obstacles in enhancing pedagogical competence, strategies in enhancing pedagogical competence |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 06:47 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 06:47 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45823 |