NISA AYU CAHYANINGRUM (2024) IMPROVING ENGLISH TEACHERS' COMPETENCE IN THE CURRICULUM TRANSITION FROM 2013 CURRICULUM TO INDEPENDENT CURRICULUM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (635kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (499kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (80kB)
Bab I.pdf
Download (116kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (183kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (103kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (156kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (83kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (91kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (442kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (207kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Kompetensi guru merupakan seperangkat kemampuan yang harus ada untuk mewujudkan kinerjanya secara tepat dan efektif pada masa transisi kurikulum mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi perbaikan, hambatan, dan strategi terkait guru bahasa Inggris dalam meningkatkan kompetensinya selama transisi kurikulum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan deskriptif Kualitatif sebagai desain penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Wawancara mendalam dilakukan terhadap enam partisipan. Mereka merupakan guru Bahasa Inggris dari tiga SMP yang berlokasi di Yogyakarta dan memiliki pengalaman peningkatan kompetensi pada beberapa transisi kurikulum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa cara yang perlu ditingkatkan untuk meningkatkan kompetensi guru pada masa transisi kurikulum. Di antaranya transisi kurikulum melalui penyempurnaan metode pengajaran, peningkatan kompetensi pedagogi, peningkatan kompetensi profesional, dan peningkatan kompetensi sosial. Selain itu, terdapat beberapa kendala dalam peningkatan kompetensi guru pada masa transisi kurikulum. Hal tersebut antara lain kebingungan dalam pembelajaran guru dan siswa, penyesuaian yang sulit, kesulitan dalam mengontrol siswa, pelatihan yang tidak memadai, kurangnya keterampilan IT, kurangnya keterampilan pembuatan modul, kurangnya keterampilan pedagogi, dan keterbatasan waktu. Selain itu, sejumlah strategi telah ditemukan untuk mengatasi kendala tersebut. Strategi yang dilakukan antara lain memfasilitasi kebutuhan belajar siswa, mengikuti seminar, mengembangkan keterampilan guru, pembelajaran melalui media sosial, dan belajar mandiri.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | English teachers competence, Independent curriculum, Improvement, Obstacles, Strategies |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 06:47 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 06:47 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45824 |