TEACHERS' PERCEPTION OF THE USE OF GAMIFICATION FOR TEACHING ENGLISH TO YOUNG LEARNERS

MONA AMASTASIA AZARA (2024) TEACHERS' PERCEPTION OF THE USE OF GAMIFICATION FOR TEACHING ENGLISH TO YOUNG LEARNERS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (178kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (967kB)

Abstract

Gamifikasi merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat membantu guru dalam mengajarkan bahasa Inggris kepada pembelajar muda. Namun dalam penggunaannya, guru menghadapi beberapa tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki persepsi guru tentang penggunaan gamifikasi dalam pengajaran bahasa Inggris kepada pelajar muda sehubungan dengan penerapan dan tantangan penggunaan gamifikasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif kualitatif dan menggunakan metode wawancara dalam pengumpulan data. Peneliti mewawancarai enam orang guru Bahasa Inggris di salah satu Lembaga Kursus Bahasa Inggris di Yogyakarta. Penelitian ini menemukan beberapa tema mengenai penerapan gamifikasi antara lain keberadaan gamifikasi dalam pembelajaran anak usia dini, proses penerapan gamifikasi, jenis permainan, dan tata cara memainkan permainan tersebut. Selain itu terdapat beberapa tantangan yaitu tantangan dalam memberikan instruksi, tantangan dalam memberikan petunjuk permainan, tantangan untuk meningkatkan motivasi siswa, memakan waktu, dan perilaku yang tidak diinginkan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: challenges, gamification, implementation, teachers perception, young learner
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 04 Jun 2024 06:15
Last Modified: 04 Jun 2024 06:15
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45844

Actions (login required)

View Item
View Item