MUHAMMAD RIDHO HABIBINA (2024) PENERAPAN METODE TARTIL BACAAN AL-QUR'AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR'AN (TPA) MASJID AL-IKHLAS TAMANTIRTO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (980kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (144kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (511kB)
Bab I.pdf
Download (491kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (624kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (414kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (744kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (404kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (530kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (706kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (407kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Pelafalan tajwid saat membaca al-Qur'an sangat penting untuk diperhatikan khususnya pada kalangan anak-anak. Pendekatan melalui metode tartil, merupakan salah satu metode yang sering digunakan oleh pendidik guna meningkatkan bacaan tajwid. Tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mengeksplorasi penerapan metode tartil dalam meningkatkan kemahiran tartil membaca Al-Qur'an di kalangan santri TPA Masjid Al-Ikhlas Tamantirto. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Subyek pada penelitian ini yaitu ustadzah TPA Masjid Al-Ikhlas Tamantirto berjumlah empat orang. Teknik pegumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, para ustadzah berhasil menerapkan metode tartil untuk meningkatkan kualitas pelafalan bacaan Al-Qur�an santri di TPA Masjid al-ikhlas Tamantirto dengan metode pembelajaran ummi. Pembelajaran ummi yang ditetapkan dalam metode tartil telah sukses membimbing santri mencapai standar bacaan tajwid Al-Qur�an yang baik. Dalam menerapkan metode tartil, didapatkan faktor kendala.. Faktor kendala yang menjadi tantangan dalam menerapkan metode tartil yaitu, ketidakpatuhan, jarang hadir ketika TPA, dan suka bercanda sesama teman. Selain itu ditemukan juga upaya untuk mengatasi kendala tersebut dalam pelaksanaan metode tartil yang terdiri dari, kedisplinan, selalu murajaah, integrasi antara ustadzah, santri, dan orang tua.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tarteel Method, Tarteel Proficiency, Qur'an Learning, Students, TPA |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 03 Jun 2024 03:03 |
Last Modified: | 03 Jun 2024 03:03 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45896 |