INDAH AGUSTIN SETYANINGRUM (2024) PERSEPSI GURU TERHADAP PENTINGNYA PENGUASAAN TAJWID DALAM PROSES HAFALAN AL-QUR�AN: STUDI KASUS PADA SISWA BA AISYIYAH PAKUNDEN 1 NGLUWAR MAGELANG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (487kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (327kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (164kB)
Bab I.pdf
Download (254kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (293kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (128kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (317kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (118kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (181kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (443kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (262kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (942kB)
Abstract
Peneliti mengangkat masalah mengenai persepsi guru terhadap pentingnya penguasaan tajwid dalam proses hafalan al-Qur�an: studi kasus pada siswa BA Aisyiyah Pakunden 1 Ngluwar Magelang al-Qur'an merupakan kitab suci yang wajib dipelajari oleh umat Islam. Ada beberapa cara untuk mempelajari, salah satu nya dengan menghafal ayat ayat di dalamnya dan tentunya menghafal dengan intonasi serta pelafalan yang baik dan benar menggunakan ilmu tajwid. Sebagai seorang guru yang mengajar hafalan al-Qur'an pada siswa harus memiliki persepsi kuat pada pentingnya penguasaan tajwid dalam proses hafalan siswa karena ilmu tajwid membantu memastikan bahwa makna ayat yang dihafalkan dapat dipahami dengan baik dan benar serta diucapkan dengan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap pentingnya penguasaan tajwid dalam proses hafalan al-Qur'an pada siswa. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi di tempat yang ditunjuk sebagai tempat penelitian. Serta teknik analisis data dengan analisis kualitatif Miles dan Huberman melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpuln. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh guru di BA Aisyiyah Pakunden 1 sebanyak 4 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa Persepsi Guru Terhadap Pentingnya Penguasaan Tajwid dalam Proses Hafalan al-Qur�an pada Siswa BA Aisyiyah Pakunden 1 Ngluwar Magelang mengangap ilmu tajwid itu memiliki peran penting dalam proses hafalan al-Quran pada siswa di BA Aisyiyah Pakunden 1.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teacher Perception, Tajwid, Al-Qur'an memorization |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 03:35 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 03:35 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45908 |