PERSEPSI GURU TERHADAP PENTINGNYA PENGUASAAN TAJWID DALAM PROSES HAFALAN AL-QUR�AN: STUDI KASUS PADA SISWA BA AISYIYAH PAKUNDEN 1 NGLUWAR MAGELANG

INDAH AGUSTIN SETYANINGRUM (2024) PERSEPSI GURU TERHADAP PENTINGNYA PENGUASAAN TAJWID DALAM PROSES HAFALAN AL-QUR�AN: STUDI KASUS PADA SISWA BA AISYIYAH PAKUNDEN 1 NGLUWAR MAGELANG. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (487kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (254kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (942kB)

Abstract

Peneliti mengangkat masalah mengenai persepsi guru terhadap pentingnya penguasaan tajwid dalam proses hafalan al-Qur�an: studi kasus pada siswa BA Aisyiyah Pakunden 1 Ngluwar Magelang al-Qur'an merupakan kitab suci yang wajib dipelajari oleh umat Islam. Ada beberapa cara untuk mempelajari, salah satu nya dengan menghafal ayat ayat di dalamnya dan tentunya menghafal dengan intonasi serta pelafalan yang baik dan benar menggunakan ilmu tajwid. Sebagai seorang guru yang mengajar hafalan al-Qur'an pada siswa harus memiliki persepsi kuat pada pentingnya penguasaan tajwid dalam proses hafalan siswa karena ilmu tajwid membantu memastikan bahwa makna ayat yang dihafalkan dapat dipahami dengan baik dan benar serta diucapkan dengan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru terhadap pentingnya penguasaan tajwid dalam proses hafalan al-Qur'an pada siswa. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi di tempat yang ditunjuk sebagai tempat penelitian. Serta teknik analisis data dengan analisis kualitatif Miles dan Huberman melalui tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpuln. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh guru di BA Aisyiyah Pakunden 1 sebanyak 4 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa Persepsi Guru Terhadap Pentingnya Penguasaan Tajwid dalam Proses Hafalan al-Qur�an pada Siswa BA Aisyiyah Pakunden 1 Ngluwar Magelang mengangap ilmu tajwid itu memiliki peran penting dalam proses hafalan al-Quran pada siswa di BA Aisyiyah Pakunden 1.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Teacher Perception, Tajwid, Al-Qur'an memorization
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 04 Jun 2024 03:35
Last Modified: 04 Jun 2024 03:35
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45908

Actions (login required)

View Item
View Item