Muhammad Ammar Abdurrazzaq (2021) UPAYA GURU ISMUBA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA YANG MENGALAMI BROKEN HOME DI SMA MUHAMMADIYAH 5 YGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (974kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (328kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (522kB)
Bab I.pdf
Download (485kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (630kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (532kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (720kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (528kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (591kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (524kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran anak yang mengalami broken home, untuk mengetahui upaya guru Ismuba dalam meningkatkan motivasi belajar pada anak yang mengalami broken home, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru Ismuba dalam meningkatkan motivasi belajar pada anak yang mengalami broken home di SMA Muhammdiyah 5 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif menggunakan lingkungan alamiah sebagai sumber data dengan terjun langsung ke lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini menyimpulkan gambaran anak yang mengalami broken home, berada di kondisi keluarga selaput kosong, yang dilakukan guru Ismuba dalam meningkatkan motivasi belajar pada anak yang mengalami broken home, meliputi selalu memastikan anak ikut dalam pergaulan positif atau negatif, memberi nasihat dan mendekati anak dari hati ke hati dalam batasan yang wajar, memberikan reward, melakukan pembinaan dengan cara mengajak anak melaksanakan sholat dhuha, mendengarkan kultum setelah sholat dzuhur, melakukan tadarus, menegur anak dengan lembah lembut, serta bekerjasama dengan guru BK untuk melakukan bimbingan konseling jika diperlukan. Faktor pendukung guru Ismuba meliputi adanya fasilitas yang memadai, kerja sama antar guru yang sudah terjalin sejak lama, adanya kesadaran dan tanggung jawab sebagai guru, melakukan program home visit, serta adanya dukungan penuh dari kepala sekolah. Sedangkan faktor penghambat guru Ismuba meliputi kondisi anak broken home yang sulit untuk di atasi, adanya pandemi covid-19, pergaulan anak broken home yang salah, lingkungan tempat tinggal dan kurangnya perhatian orang tua, serta belum adanya kesadaran dari anak yang mengalami broken home.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 17 Dec 2021 02:37 |
Last Modified: | 17 Dec 2021 02:37 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4592 |