MUHAMMAD MUAZ (2024) EXPLORING STUDENT TEACHERS� POETRY PRODUCTION APPRECIATION, AND THEIR CHALLENGES. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (774kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (322kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (185kB)
Bab I.pdf
Download (308kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (339kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (305kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (405kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (285kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (303kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (182kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (526kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (832kB)
Abstract
Puisi diyakini bermanfaat dalam proses Pengajaran Bahasa Inggris. Meskipun sebagian besar penelitian berusaha mengungkap manfaat puisi dalam proses belajar mengajar, namun sedikit yang membahas mengenai proses produksi dan apresiasi yang dilakukan oleh siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan dan tantangan dalam produksi puisi serta mengetahui cara dan tantangan dalam mengapresiasi puisi. Untuk memperkaya konteks, kesulitan setiap proses juga dicari. Mengundang enam mahasiswa guru dari Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, penelitian ini menggunakan wawancara mendalam dengan desain penelitian deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dianalisis secara tematis dan disajikan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Temuan menunjukkan bahwa peserta dalam produksi puisi melalui tahapan seperti brainstorming, penyusunan, dan penulisan langsung. Ada pula yang melakukan koreksi atau evaluasi selama proses penyusunan. Tantangannya meliputi kosakata yang sesuai, mengungkapkan perasaan melalui kata-kata, dan memilih jenis puisi yang sesuai. Dalam proses apresiasi puisi, peserta membaca puisi secara individu atau umum dan mendiskusikannya dengan teman sebaya. Di antara kesulitan-kesulitan tersebut adalah kurangnya pemahaman terhadap karya sastra, sehingga sulit menguraikan makna tersirat dan mempengaruhi resonansi emosional puisi. Dari temuan ini, implikasi pedagogis juga disajikan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Poetry, production process, appreciation process, challenges |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa > Pendidikan Bahasa Inggris S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 04 Jun 2024 02:21 |
Last Modified: | 04 Jun 2024 02:21 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45945 |