EVALUATING THE EFFECTIVENESS OF INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGIES (ICTS) IN FIRE RESPONSE IN DISASTER MANAGEMENT IN BATAM, INDONESIA

SAID FIRMAN MAULANA (2024) EVALUATING THE EFFECTIVENESS OF INFORMATION AND COMMUNICATION TECHNOLOGIES (ICTS) IN FIRE RESPONSE IN DISASTER MANAGEMENT IN BATAM, INDONESIA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Bukti Sumbangan Buku Wisudawan] Text (Bukti Sumbangan Buku Wisudawan)
Bukti Sumbangan Buku Wisudawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[thumbnail of Letter of Accepted] Text (Letter of Accepted)
Letter of Accepted.pdf
Restricted to Registered users only

Download (210kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[thumbnail of Artikel Jurnal] Text (Artikel Jurnal)
Artikel Jurnal.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam konteks tanggap kebakaran untuk penanggulangan bencana di Batam, Indonesia, selama tahun 2018 hingga 2023. Dengan menggunakan pendekatan metode campuran yang melibatkan survei dan studi kasus, penelitian ini menyelidiki strategi dan memberikan rekomendasi untuk tindakan adaptasi kesehatan selama bencana terkait iklim. Penelitian ini menilai efektivitas TIK dalam manajemen risiko bencana, dengan fokus khusus pada evaluasi peran Undang-Undang Penanggulangan Bencana di Indonesia. Temuan-temuan tersebut mengungkapkan bahwa sistem peringatan dini berbasis TIK, peningkatan jaringan komunikasi, dan pengelolaan data yang efisien berkontribusi signifikan terhadap peningkatan kesiapsiagaan dan respons Batam terhadap bencana. Terlepas dari hasil positif tersebut, studi ini mengidentifikasi tantangan-tantangan, termasuk isu-isu terkait akses teknologi yang adil, keterbatasan infrastruktur di daerah terpencil, dan permasalahan privasi yang memerlukan perhatian. Studi ini menyajikan wawasan kuantitatif yang berharga mengenai efektivitas TIK dalam manajemen bencana di Batam, Indonesia. Hal ini menekankan pentingnya mengatasi tantangan yang teridentifikasi untuk kerangka mitigasi bencana yang lebih kuat. Hasil penelitian ini mempunyai implikasi yang signifikan bagi para pembuat kebijakan dan praktisi, yang menggarisbawahi perlunya intervensi yang ditargetkan untuk mengatasi hambatan dan memastikan integrasi TIK yang efektif dalam praktik tanggap bencana dan manajemen di Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Fire response, Disaster management, Effectiveness, ICT
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 04 Jun 2024 02:02
Last Modified: 04 Jun 2024 02:02
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45964

Actions (login required)

View Item
View Item