STUDI KASUS PENDIDIKAN INTELEKTUAL BERBASIS CREATIVE MINORITY DI SEKOLAH PEMIKIRAN ISLAM PIMPINAN KOMISARIAT IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH FAI UMY

RAMADHANUR PUTRA (2024) STUDI KASUS PENDIDIKAN INTELEKTUAL BERBASIS CREATIVE MINORITY DI SEKOLAH PEMIKIRAN ISLAM PIMPINAN KOMISARIAT IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH FAI UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (169kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kompleksitas permasalahan pendidikan dan kebudayaan menuntut iklim pendidikan melahirkan para minoritas kreatif. Mereka adalah kelompok intelektual terdidik yang menjadi jantung perubahan masyarakat. Sebab, pendidikan sebagai salah satu pilar penting dalam kehidupan tidak hanya berfungsi sebagai ruang pengajaran. Namun juga berfungsi sebagai ruang kebudayaan dalam mendorong transformasi sosial. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui dan mendeskripsikan sejarah serta proses pendidikan intelektual berbasis creative minority yang telah dilaksanakan di Sekolah Pemikiran Islam PK IMM FAI UMY; 2) Mendeskripsikan peran creative minority dalam mengembangkan kapasitas intelektualitas mahasiswa; 3) Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambatproses pendidikan intelektual berbasis creative minority di Sekolah Pemikiran Islam PK IMM FAI UMY. Adapun partisipan dalam penelitian ini adalah: 1) Founding Fathers Sekolah Pemikiran Islam; 2) Ketua Pelaksana Sekolah Pemikiran Islam 1 � 3; dan 3) Dua Peserta Sekolah Pemikiran Islam masing � masing periode (laki � laki dan perempuan). Penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dengan pendeketan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Lalu, kredibilitas data dengan tringuliasi data. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa PK IMM FAI UMY melaksanakan pendidikan intelektual berbasis creative minority sebagai program perkaderan pendukung untuk memfasilitasi para kader yang memiliki minat dan potensi intelektual melalui Sekolah Pemikiran Islam. Sekolah Pemikiran Islam dibentuk untuk melahirkan para calon Intelektual Islam di masa yang akan datang. Sekolah Pemikiran Islam dilaksanakan dengan sistem Pendidikan Kilat selama 1 � 4 hari. Pelaksanaan Sekolah Pemikiran Islam diatur oleh Rancang Bangun SILAM sebagai standar operasional prosedur. Meskipun, penerapan Rancang Bangun SILAM masih belum maksimal. Sekolah Pemikiran Islam memakai paradigma pendidikan pedagogi kritis dan metode pembelajaran andaragogi partisipatoris. Mayoritas alumni Sekolah Pemikiran Islam mengalami peningkatan kapasitas intelektual dan mampu berperan dalam mendorong perubahan di lingkungan sekitarnya setelah mengikuti sekolah ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Intellectual Education, Social Transformation, Creative Minority
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 04 Jun 2024 02:02
Last Modified: 04 Jun 2024 02:02
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/45966

Actions (login required)

View Item
View Item