THE INFLUENCE OF EQUALITY, ETHICS AND MORALITY, AND IDEOLOGICAL ALIGNMENT ON THE CITIZEN ENGAGEMENT IN ELECTRONIC GOVERNMENT SERVICES: A CASE IN MAL PELAYANAN PUBLIK AGENCY SLEMAN REGENCY 2023

NADIA TRI NURHIDAYANTI (2024) THE INFLUENCE OF EQUALITY, ETHICS AND MORALITY, AND IDEOLOGICAL ALIGNMENT ON THE CITIZEN ENGAGEMENT IN ELECTRONIC GOVERNMENT SERVICES: A CASE IN MAL PELAYANAN PUBLIK AGENCY SLEMAN REGENCY 2023. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Indonesia menerapkan pemerintahan digital untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang bersih, efektif, transparan, akuntabel, berkualitas, dapat dipercaya, dan efisien. Salah satu realisasinya adalah e-Government yang mengacu pada penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam memberikan pelayanan publik secara elektronik. Kesetaraan, Etika dan Moralitas, serta Keselarasan Ideologi merupakan beberapa faktor yang mempengaruhi Keterlibatan Warga Negara dalam pelayanan publik berbasis elektronik. Penelitian ini bertujuan untuk membahas pengaruh kesetaraan, etika dan moralitas, serta keberpihakan ideologi dalam pelayanan pemerintahan elektronik di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sleman.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada 97 responden partisipan di Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sleman. Teknik analisis data menggunakan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) untuk menguji validitas, reliabilitas, regresi, dan hipotesis.Hasil penelitian menemukan bahwa kesetaraan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keterlibatan warga dengan nilai P 0,004. Etika dan moralitas mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap citizen engagement dengan nilai P 0,000. Keselarasan ideologi tidak mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap citizen engagement dengan nilai P 0,195.Kesimpulan: Kesetaraan dan etika dan moralitas mempunyai peran yang signifikan dalam meningkatkan keterlibatan warga negara dalam e-Government, sedangkan keberpihakan ideologi tidak mempunyai pengaruh. Dengan demikian, pemerintah dapat fokus pada upaya peningkatan kesetaraan dan penguatan nilai etika dan moral dalam penerapan e-Government agar lebih efektif melibatkan masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Equality, Ethics and Morality, Ideological Alignment, Citizen Engagement
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 08 Jun 2024 02:21
Last Modified: 08 Jun 2024 02:21
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46013

Actions (login required)

View Item
View Item