ANNISA YOLANDA (2024) MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS TENAGA PENDIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (263kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (357kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (54kB)
Bab I.pdf
Download (178kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (422kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (85kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (334kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (109kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (176kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (793kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (247kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Manajemen Pendidikan adalah upaya yang terkait dengan aktivitas Pendidikan dimana terjadi proses yang memengaruhi dan memotivasi kreativitas siswa dengan menggunakan alat, metode, media, fasilitas dan infrastruktur yang diperlukan untuk menyelenggarakan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pendidikan dan pelatihan di sekolah SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yaitu dengan cara peneliti mengamati dan berinteraksi secara langsung dengan kepala sekolah dan guru melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam menguji keabsahan, peneliti menggunakan teknik triangulasi. Data yang diperoleh peneliti kemudian dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan pengelolaan, perencanaan manajemen pendidikan di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta serta standar nasional pendidikan menjadi pedoman pengelolaan manajemen di sekolah. Pelatihan yang diberikan kepada tenaga pendidik sesuai dengan kebutuhan yang sudah di observasi oleh kepala sekolah maupun waka kurikulum dengan mendatangkan narasumber dan memberikan challenge kepada guru yang hendak mengikuti pelatihan. Kepala sekolah akan memberikan reward kepada guru yang telah menyelesaikan penelitian mereka. Partisipasi guru dalam mengikuti pelatihan sangat luar biasa karena ini menyangkut akan jenjang karir yang dimiliki pendidik sehingga partisipatif dalam mengembangkan potensi. Meningkatkan kualitas tenaga pendidik pada SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta dengan berbagai pelatihan dan program mencakup MGMP, Workshop, program keahlian ganda dan pengembangan program pembinaan lainnya. Dengan mengikuti pelatihan tersebut tenaga pendidik SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta dapat mengembangkan potensi atau keterampilan pada diri masing- masing mulai dari kompetensi paedagogik, kompetensi profesional dan kompetensi kepribadian.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Management of Education, Training, and Quality of Educational Staff |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 08 Jun 2024 02:18 |
Last Modified: | 08 Jun 2024 02:18 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46016 |