ATIKAH ANDARWATI (2024) PENGARUH PERSESPSI, KEPERCAYAAN DAN KESETARAAN TERHADAP KETERLIBATAN WARGA DALAM LAYANAN PEMERINTAH BERBASIS ELEKTRONIK (STUDI KASUS MASYARAKAT PENGGUNA MAL PELAYANAN PUBLIK DI KABUPATEN BOGOR TAHUN 2023). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (547kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (194kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (125kB)
Bab I.pdf
Download (203kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (204kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (419kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (110kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (187kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (302kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (501kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
E-Government merupakan suatu proses pelaksanaan pemerintahan dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja pada pemerintahan. Upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik yang berkemajuan menciptakan perubahan atau reformasi administrasi pemerintah mendorong pemerintah itu sendiri untuk dapat menciptakan beberapa inovasi sebagai pendukung untuk menjadikan pelayanan publik yang berkualitas, pemerintahan yang bersih, transparan, sehat dan berkemampuan, dan salah satu inovasi yang dibuat oleh pemerintah Kabupaten Bogor yaitu pada layananan MPP dalam penelitian ini berupa website �optimis.bogorkab.co.id�. Dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis kuantitatif sebagai metode pengukuran dalam penelitian. kemudian untuk pelaksanaan nya penulis menggunakan metode survey berupa wawancara yang dilakukan dengan salah satu staff pemerintah Kabupaten Bogor yang bertanggung jawab pada bidang operasioanal pelayanan dan perizinan, dan angket dengan jumlah populasi sebanyak 15071 dan untuk Menentukan sample maka penulis menggunakan rumus slovin dengan masrgin error 10% sehingga didapatkan 100 repsonden yang dapat mengisi kuisioner yang dibagikan dengan bentuk kuisioner melalui google form, dan untuk menentukan hasil adar dapat menentukan hipotesa dihitung menggunakan aplikasi SEM-PLS. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa persepsi mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap keterlibatan warga dalam pelayanan elektronik dengan skor nilai T-statistik (2.244), P value (0.025), kepercayaan tidak mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap keterlibatan warga dalam pelayanan elektronik karena skor nilai T-statistik (0.425) dan p value (0.671), kesetaraan mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap keterlibatan warga dalam layanan pemerintahan berbasis elekronik T-statistik (3.897) dan p value (0.000), dan persepsi, kepercayaan dan kesetaraan memiliki nilai r-square 0,381 dengan kategori moderat. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka didapatkan saran untuk Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu sebagai yang menaungi dan mengimplementasikan website �optimis.bogorkab.co.id� pada Mal Pelayanan Publik Kabupaten Bogor, yaitu meningkatkan kualitas infrastruktur teknologi informasi berupa jaringan internet yang merata, meningkatkan sosialisasi mengenai program penyelenggaraan pelayanan berbasis elektronik, meningkatkan kualitas pelayanan online berupa kesiapsiagan sumber daya manusia dalam pelayanan sehingga akan menimbulkan kepercayaan dan kepuasan masyarakat dalam menggunakan layanan berbasis elektronik ini.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perception of government, trust in government, equality, citizen involvement |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 07 Jun 2024 02:46 |
Last Modified: | 07 Jun 2024 02:46 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46032 |