Ilham Abdul Ganie (2021) PERBANDINGAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SOSIAL ANTARA SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI KALIURANG 2 DAN SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 2 PAKEM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (419kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (260kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (47kB)
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only
Download (124kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (160kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (86kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (52kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (173kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (399kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
<p><strong>ABSTRAK</strong></p>
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kecerdasan emosional dan sosial siswa Sekolah Dasar Negeri Kaliurang 2, (2) Untuk mengkaji kecerdasan emosional dan sosial siswa Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Pakem, (3) Untuk mengidentifikasi perbedaan kecerdasan emosional dan sosial antara siswa Sekolah Dasar Negeri Kaliurang 2 dan Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Pakem.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif model komparasi. Populasi pada penelitian ini yaitu 30 siswa Sekolah Dasar Negeri Kaliurang 2 dan Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Pakem. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dengan menggunakan aplikasi P-KES-SDdan wawancara. Setelah data diperoleh dilakukan analisis data dengan menggunakan uji t-test.
Setelah dilakukan analisis data diperoleh hasil yang menunjukan bahwa kecerdasan emosional dan sosial terdiri dari lima utama indikator pada masing-masing kecerdasan emosional yang meliputi mengenali emosi diri, menghargai emosi diri, mengelola emosi diri, mengendalikan emosi diri, merasakan spiritualitas diri. Sedangkan untuk kecerdasan sosial meliputi mampu menghormati orang lain, tanggung jawab orang lain kerjasama sosial, tenggang rasa pada orang lain, komunikasi efektif kepada orang lain.
Hasilnya membuktikan bahwa yang termasuk kategori tinggi rata-rata pada aspek afektif dan psikomotorik meskipun masih ada yang kategori sedang akan tetapi mayoritas masuk kategori tinggi, sedangkan siswa yang mendapatkan kategori rendah terbukti pada aspek kognitifnya. Pengukuran kecerdasan emosional dan sosial dari kedua sekolah dalam penelitian ini menggunakan kuantitatif. Pengukuran dengan data kuantitatif didasarkan pada nilai indikator kecerdasan emosional dan sosial tersebut. Rata-rata nilai kecerdasan emosional dan sosial dari Sekolah Dasar Negeri Kaliurang 2 yaitu dengan nilai sebesar 49,007 dibandingkan dengan rata-rata nilai kemampuan kecerdasan emosional dan sosial Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Pakem yaitu dengan nilai 48,490. Kemudian diuji menggunakan t-test yang didapatkan nilai sebesar 0,378. Hasil tersebut kemudian didasarkan pada aturan penyimpulannya, maka 0,378 > 0,05 yang menunjukan bahwa tidak ada perbedaan kecerdasan emosional dan sosial antara Sekolah Dasar Negeri Kaliurang 2 dan Sekolah Dasar Muhammadiyah 2 Pakem.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 15 Dec 2021 06:31 |
Last Modified: | 15 Dec 2021 06:31 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/4604 |