SYAFIRA DAMAYANTI (2024) INTERPERSONAL COMMUNICATION PATTERN BETWEEN CAREGIVERS AND FOSTER CHILDREN AT RUMAH SEJAHTERA ORPHANAGE IN FOSTERING MEMORIZATION OF THE AL-QUR'AN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (566kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (352kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (336kB)
Bab I.pdf
Download (167kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (363kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (77kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (352kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (97kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (166kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (970kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (529kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan menganalisis 1) pola komunikasi interpersonal antara pengasuh dan anak asuh di Panti Asuhan Rumah Sejahtera dalam pembinaan hafalan Al-Qur�an dan 2) efektivitas pola komunikasi interpersonal antara pengasuh dan anak asuh di Panti Asuhan Rumah Sejahtera dalam pembinaan hafalan Al-Qur�an. Metodologi penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian berlangsung di Panti Asuhan Rumah Sejahtera, Ponjong, Gunungkidul, dengan melibatkan empat orang pengasuh dan lima orang anak asuh sebagai informan. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) pola komunikasi pengasuh Panti Asuhan Rumah Sejahtera dalam pembinaan hafalan Al-Qur�an adalah cenderung menggunakan pola bintang; 2) berdasarkan hasil penelitian, penerapan pola komunikasi bintang oleh pengasuh dalam pembinaan hafalan Al-Qur�an dinilai memadai berdasarkan perspektif komunikasi interpersonal humanistik, yaitu meliputi keterbukaan, empati, suportif, positif, dan kesetaraan. Pembinaan hafalan Al-Qur�an di Panti Asuhan Rumah Sejahtera cenderung berjalan efektif dengan memastikan pembinaan yang dilakukan tanpa diskriminasi dan pilih kasih; diharapkan proses pembelajaran di panti asuhan dapat berjalan secara adil dan memberikan manfaat yang maksimal bagi perkembangan anak asuhnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | communication pattern, interpersonal communication, fostering, orphanage |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 05:57 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 05:57 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46044 |