TEGUH ILMAWAN (2024) PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI PADA METODE ACTIVE LEARNING JENIS SMALL GROUP DISCUSSION PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI SMP MUHAMMADIYAH 1 MINGGIR. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (697kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (258kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (228kB)
Bab I.pdf
Download (258kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (382kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (304kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (632kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (227kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (241kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (522kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Pendidikan berkualitas akan menghasilkan generasi bangsa yang bermutu. Dalam upaya meningkatkan Pendidikan tersebut, pemerintah harus memberikan perhatian khusus terhadap komponen-komponen Pendidikan. Komponenkomponen tersebut ialah siswa, guru, tujuan, materi,metode, sarana dan prasarana, evaluasi dan lingkungan. Jenis penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses peningakatan hasil kualitas pembelajaran PAI dalam mata pelajaran Fiqih di SMP Muhammadiyah 1 Minggir. Jenis penelitian ini peneliti menggunakan pendekatankualitatif dengan jenis deskriptif dengan menggunakan subyek purposive sampling.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk analisis data menggunakan analisis data dan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada pengujian keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Berdasarkan hasil penelitian proses Pembelajaran PAI Active Learning Small Group Discussion dalam mata pelajaran fiqih di SMP Muhammadiyah 1 Minggir secara keseluruhan belum terlaksana dengan baik. dikarenakan masih ada sebagian dari guru PAI masih kurang mengetahui berbagai metode-metode dalam pembelajaran Active Learning selain metode ceramah, menghafal, diskusi biasa dan tanya jawab.Hasil Kualitas Pembelajaran PAI Active Learning Small Group Discussiion dalam mata pelajaran Fiqih berdasarkan hasil penelitian yakni adanya kerjasama, karena dalam pembelajaran siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan dituntut untuk saling belajar. Hal ini bahwa adanya kekompakan siswa dan pembelajaran yang berlangsung lebih aktif dan lebih memberdayakan potensi peserta didik, serta hasil dalam peningkatan kualitas pembelajaran PAI dalam Metode Active Learning Small Group Discussion terbukti prestasi siswa semakin meningkatnya dengan hasil tes yang diberikan oleh guru kepada mereka
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Small Group Discussion Learning Method, Results of Improving the Quality of Learning |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 05:50 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 05:50 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46046 |