SOBIRIN (2024) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAMDALAM PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SDIT ALAM NURUL ISLAM. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (228kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (164kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (85kB)
Bab I.pdf
Download (120kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (446kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (109kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (35kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (163kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (226kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu inisiatif dalam Kurikulum Merdeka yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi dan membentuk karakter peserta didik yang sejalan dengan nilai-nilai Pancasila. Program P5 dianggap sebagai solusi atas ketidakseimbangan pendidikan di Indonesia yang cenderung hanya menekankan aspek pengetahuan, sementara aspek sikap dan keterampilan peserta didik sering diabaikan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang implementasi Program P5 serta menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam yang tercermin dalam Kurikulum Merdeka di SDIT Alam Nurul Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Validitas data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Program P5 di SDIT Alam Nurul Islam telah berhasil, terlihat dari pembentukan karakter peserta didik yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, serta peningkatan keterampilan dan kompetensi mereka. Keberhasilan implementasi ini dapat dilihat dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang dilakukan secara sistematis. Dalam pelaksanaannya, berbagai kegiatan yang relevan dengan nilai-nilai pendidikan Islam seperti pembiasaan sholat berjamaah, berdo�a sebelum kegiatan, melatih kejujuran, melatih saling menghargai atau toleransi. Maka dapat disimpulkan bahwa dalam implementasi P5 terdapat nilai Pendidikan agama Islam yakni akidah, ibadah, akhlak, dan sosial telah dijalankan dengan baik.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementation, P5 Program, Values, Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 04:07 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 04:07 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46061 |