PENGARUH CIRCLE PERTEMANAN TERHADAP PERILAKU BULLYING DI SMK KESEHATAN BANTUL

ADITYA PRATAMA (2024) PENGARUH CIRCLE PERTEMANAN TERHADAP PERILAKU BULLYING DI SMK KESEHATAN BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (509kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (172kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Media sosial akhir ini sedang hangat membicarakan viralnya kasus bullying yang terjadi di berbagai tempat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis circle pertemanan dan perilaku bullying pada siswa SMK Kesehatan Bantul. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa circle pertemanan berada pada tingkat sedang, dengan kesamaan antar individu sebagai indikator dominan. Perilaku bullying diidentifikasi sebagai masalah, terutama pada indikator verbal. Wawancara menunjukkan kurangnya kesadaran siswa terhadap perilaku bullying, menekankan perlunya sosialisasi dan edukasi di sekolah. Uji hipotesis menggunakan product moment Pearson menunjukkan pengaruh positif dan signifikan antara circle pertemanan terhadap perilaku bullying. Hasil regresi linier sederhana mengungkapkan pengaruh yang relatif kecil sebanyak 7,7%. Kendati demikian, pengaruh ini perlu diakui sebagai faktor yang memengaruhi perilaku bullying di SMK Kesehatan Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bullying, Friendship, Friendship Circle
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 05 Jun 2024 07:22
Last Modified: 05 Jun 2024 07:22
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46138

Actions (login required)

View Item
View Item