PENDIDIKAN ANAK BERBASIS KASIH SAYANG DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRI 'AISYIYAH SERANGAN YOGYAKARTA

ARIS MADANI (2024) PENDIDIKAN ANAK BERBASIS KASIH SAYANG DI PANTI ASUHAN YATIM PUTRI 'AISYIYAH SERANGAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (257kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pendidikan anak berbasis kasih sayang menjadi urgensi dalam pengasuhan di panti asuhan saat ini, hal tersebut guna memastikan bahwa anak-anak tidak hanya mendapatkan perawatan fisik, tetapi juga pengembangan holistik yang mencakup aspek emosional, sosial, dan akademis. Kasih sayang memegang kunci dalam membentuk fondasi perkembangan anak. Dalam konteks panti asuhan, di mana anak-anak yang mengalami kehilangan dan trauma, pendidikan berbasis kasih sayang menjadi landasan penting untuk mendukung pertumbuhan anak. Kehangatan, perhatian, dan dukungan emosional dari para pengasuh di panti asuhan dapat menjadi kunci bagi anak-anak tersebut untuk mengatasi tantangan hidup mereka. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini menggambil lokasi penelitian di Panti Asuhan Yatim Putri Asiyiyah Yogyakarta. Data penelitian diperoleh dengan observasi, wawancara dan dokumen pendukung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan berbasis kasis sayang di Panti Asuhan Yatim Putri Asiyiyah Yogyakarta telah dilaksanakan. Namun pendidikan berbasis kasih sayang yang diterapkan belum sepenuhnya dilakukan secara komprehensif. Pengurus panti asuhan belum sepenuhnya memahami secara mendalam apa arti dari pendidikan kasih sayang. Panti Asuhan Yatim Putri Asiyiyah Yogyakarta dalam pelaksanaan pendidikan kasih sayang kepada anak asuhnya hanya sebatas melatih kesabaran. Sabar dalam konteks ini adalah pengurus panti yang sabar dalam mendidik anak asuhnya. Sebab, setiap anak asuh memiliki karakter dan latar belakang masalah keluarga yang bebeda-beda. Sehingga dalam proses anak asuh beradaptasi tinggal di panti asuhan memerlukan kesabaran dalam memahami kemauan anak. Hal tersebut ditunjukkan seperti anak yang masih susah untuk mentaati peraturan dan kegiatan keseharian di panti asuhan pada dasarnya telah berhasil menerapkan pendidikan kasih sayang dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: child education, compassion-based education, orphanage, foster children
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Ilmu Agama Islam S2
Depositing User: Aidilla Qurotianti
Date Deposited: 05 Jun 2024 07:14
Last Modified: 05 Jun 2024 07:14
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46155

Actions (login required)

View Item
View Item