RIKY WAHYU PERMANA (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM BACA TULIS AL-QUR`AN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS QUR`ANSISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (324kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (198kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (109kB)
Bab I.pdf
Download (166kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (255kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (100kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (259kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (41kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (162kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (776kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (137kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi program BTA dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Qur`an siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Bantul, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam proses implementasi program BTA dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Qur`an siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Bantul, dan untuk mengetahui efektivitas program BTA dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Qur`an Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif, penelitian ini menggunakan desain penelitian field research (Penelitian Lapangan). Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu implementasi program BTA menggunakan metode Iqra`, sorogan, dan metode pendampingan teman sebaya. Adapun faktor pendukung adalah fasilitas yang memadai, keterlibatan stakeholder serta semangat guru dalam dalam mencapai tujuan program BTA. Adapun faktor penghambat adalah kurangnya motivasi siswa, kurangnya waktu pembelajaran, dan kurangnya guru yang berkompeten. Efektivitas program membaca al-Qur`an berjalan dengan baik, untuk kegiatan menulis al-Qur`an belum bisa dikatakan efektif karena hanya menulis ayat al-Qur`an sembari menunggu giliran maju untuk setoran membaca al-Qur`an.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Read and Write the Koran, Learning Methods |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 07:14 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 07:14 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46156 |