FARAH NUR AZIZAH (2024) PEMAHAMAN MAHASISWA PAI TERHADAP KOMPETENSI GURU ABAD KE-21 (UJI BEDA MAHASISWA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA ANGKATAN 2021&2023). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (2MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (971kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (90kB)
Bab I.pdf
Download (155kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (409kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (419kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (773kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (133kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (171kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (408kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta memiliki pemahaman yang berbeda-beda mengenai kompetensi guru abad ke-21. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman kompetensi guru abad ke-21 dan mengetahui perbedaan tingkat pemahaman kompetensi guru abad ke-21 pada mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta antara angkatan 2021 dengan 2023. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan komparatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta angkatan 2021 dan 2023, dengan angkatan 2021 berjumlah 103 dan angkatan 2023 berjumlah 117. Sampel diambil menggunakan teknik probability sampling dengan menggunakan rumus Slovin, jumlah sampel 164 mahasiswa. Instrument dalam penelitian ini menggunakan angket (kuesioner). Penelitian ini menggunakan uji statistik non parametrik. Data dianalisis menggunakan Uji Mann Whitney. Hasil penelitian memperlihatkan mengenai tingkat pemahaman kompetensi guru abad ke-21 pada mahasiswa PAI termasuk katogeri sangat baik dengan nilai rata-rata presentase yang diperoleh sebesar 85,8% secara keseluruhan dan hasil uji beda diketahui bahwa nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,110 > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa "Hipotesis ditolak".
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Students Understanding, 21st - Century Teacher Competencies |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 06:33 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 06:33 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46160 |