FIRDA AULIA NOVRIANA YEPTI (2024) ANALISIS PEMASARAN WORTEL DI KELURAHAN BLUMBANG KECAMATAN TAWANGMANGU. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (300kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (112kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (137kB)
Bab I.pdf
Download (89kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (204kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (150kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (103kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (523kB)
Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only
Download (139kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (144kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (603kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (449kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
ANALISIS PEMASARAN WORTEL DI KELURAHAN BLUMBANG KECAMATAN TAWANGMANGU. (Skripsi Dibimbing Oleh Ir. Diah Rina Kamardiani, M.P, dan Dr. Ir Widodo, M.P). Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui saluran pemasaran wortel di Kelurahan Blumbang Kecamatan Tawangmangu, (2) Mengetahui biaya pemasaran, margin pemasaran, dan keuntungan pemasaran wortel di setiap saluran pemasaran wortel, (3) Mengetahui efisiensi di setiap saluran pemasaran wortel. Metode pengambilan sampel petani menggunakan rumus teknik proportional random sampling sebanyak 40 petani, sedangkan untuk lembaga pemasaran menggunakan metode snowball sampling sebanyak 24 pedagang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode kegiatan wawancara dengan bantuan kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 11 saluran pemasaran. Saluran pemasaran I : Petani �Tengkulak � Pengecer pasar luar kota � Konsumen, Saluran II : Petani � Tengkulak � Pengepul � Pengecer pasar lokal � Konsumen, Saluran III : Petani � Tengkulak � Pedlar luar kota - Konsumen, Saluran IV : Petani �Tengkulak � Pengepul � Pengecer pasar lokal - Konsumen, Saluran V : Petani � Tengkulak � Pengepul � Pedagang besar � Pengecer kios - Konsumen, Saluran VI : Petani � Tengkulak � Pengepul � Pedagang besar � Pedlar - Konsumen. Saluran VII : Petani � Tengkulak � Pedagang Besar � Pedlar � Konsumen, Saluran VIII : Petani � Tengkulak � Pedagang besar � Pengecer kios � Konsumen, Saluran IX : Petani � Pengepul � Pengecer pasar lokal � Konsumen, Saluran X : Petani � Pengepul � Pengecer kios � Konsumen, Saluran XI : Petani � Pengepul � Pedlar � Konsumen. Biaya pemasaran paling tinggi terdapat pada saluran VI sebesar Rp 2.143/kg, sedangkan biaya pemasaran terrendah terjadi pada saluran pemasaran X sebesar Rp 741/kg. Marjin pemasaran paling tinggi terdapat pada saluran VI sebesar Rp 18.257/kg, sedangkan yang paling rendah pada saluran X sebesar Rp 11.000/kg. Keuntungan pemasaran paling tinggi terdapat pada saluran VI sebesar Rp 16.114/kg, sedangkan yang paling rendah terdapat pada saluran X sebesar Rp 10.259/kg. Farmer�s share tertinggi terdapat pada saluran X sebesar 31,25%, sedangkan yang paling kecil pada saluran VI yaitu sebesar 13,06%. IET lebih efisien terdapat pada saluran I yang berada di Pasar Boyolali, sedangkan IEE lebih efisien terdapat pada saluran VI.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cost, Efficiency, Farmer's share, Profit, Margin |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Agribisnis S1 |
Depositing User: | Aidilla Qurotianti |
Date Deposited: | 05 Jun 2024 01:50 |
Last Modified: | 05 Jun 2024 01:50 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46175 |