FITRI KURNIA WATI (2024) ANALISIS PPL DAN DAMPAKNYA PADA KOMPETENSI PEDAGOGIK MAHASISWA PAI ANGKATAN 2020 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (1MB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (182kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (112kB)
Bab I.pdf
Download (257kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (419kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (232kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (367kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (162kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (236kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (849kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (358kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berjudul Analisis PPL Dan Dampaknya pada Kompetensi Pedagogik Mahasiswa PAI Angkatan 2020 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji proses pengelolaan program PPL, Mengetahui kompetensi pedagogik mahasiswa PPL PAI angkatan 2020, menganalisis faktor penghambat dan pendukung pengelolaan PPL dan kompetensi pedagogik mahasiswa PAI angkatan 2020 Dan menganalisis dampak PPL pada kompetensi pedagogik mahasiswa PAI angkatan 2020. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field Riset) dengan pendekatan kualitatif deskriptif analisis. Penelitian ini menggunakan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pendidikan memegang peran penting dalam kemajuan bangsa dan pengembangan individu, dengan guru sebagai elemen krusial. Namun, berdasarkan observasi awal, mahasiswa menghadapi beberapa tantangan dalam menerapkan kompetensi pedagogik selama PPL, seperti kesulitan dalam mengaplikasikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), perbedaan kurikulum, dan pemilihan metode serta strategi pembelajaran yang tepat. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa Pengelolaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) melibatkan empat tahap dan membutuhkan kerjasama antar semua pihak. Mahasiswa PPL PAI menunjukkan kompetensi pedagogik yang baik dalam proses pembelajaran, meski ada tantangan dan hambatan. Faktor penghambat dalam pengelolaan PPL dan kompetensi pedagogik meliputi miskomunikasi, kendala dalam persiapan dan pelaksanaan kegiatan, serta kendala teknis. Sedangkan, faktor pendukungnya adalah adanya bimbingan, monitoring, pelajaran microteaching, dan berbagai metode pengajaran. Dampak PPL pada kompetensi pedagogik diantaranya: menfasilitasi peningkatan pemahaman terhadap proses pengajaran, penggunaan teknologi, pemahaman karakter siswa dan meningkatkan percaya diri.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PPL, pedagogical competence, impact of PPL, PAI students |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Yuliana Ramawati |
Date Deposited: | 06 Jun 2024 02:28 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 02:28 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/46178 |